Kanal

Air Sungai di Pagatan Mulai Asin, Warga Kesulitan Mendapat Air Bersih

Sungai Kusan yang ada di Pagatan Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanahbumbu. - Man Hidayat

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Dampak dari musim kemarau ini ternyata juga berpengauh besar terhadap sungai Kusan yang ada di Pagatan Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanahbumbu.

Pasalnya, beberapa hari belakangan ini air sungai mulai asin.

Hal itu disebabkan air laut yang sudah mulai masuk dari muara sungai. Air asin tersebut membuat warga tak bisa menggunakan air tersebut.

Baca: Neno Warisman Gagal Gelar Deklarasi #2019GantiPresiden Usai 6 Jam Tertahan dan Dipulangkan

Khususnya warga bantaran sungai yang masih bergantung pada air sungai.

Mereka tak bisa menggunakan air sungai lagi untuk keperluan mandi dan mencuci baju karena selama ini masih tetap bergantung pada air sungai.

Baca: Hotman Paris Bongkar Malam Pertama Dewi Perssik dengan Saipul Jamil, Depe : Malam Pertama Nangis


Warga Pagatan mulai kesulitan mendapatkan air tawar karena saat air surut baru terasa hambar. Namun saat air surut, warga tak bisa menyedot air karena pipanya tak sampai.

Juwita misalnya, warga Pagatan yang tinggal di pinggir sungai itu merasa kesulitan. Sebab, dia harus menunggu air surut dan tidak tawar lagi untuk bisa mencuci baju. Sebab air asin tak bisa digunakan karena untuk mencuci dan mandi.

Baca: Link Live Streaming Indosiar Bulutangkis Asian Games 2018, Ginting vs Chen Long, Minions vs Malaysia


"Ya kami harus jaga-jaga supaya bisa nyedot air saat air mulai tak asin lagi. Intinya selang air yang kami pasang masih terendm air, kalau terlalu surut ya tidak bisa nyedot air," katanya.

Hal senada juga diungkapkan Acil Siti. Dia mengatakan saat ini air mulai asin dan sulit untuk mandi dan mencuci pakaian. Sebab dirinya masih bergantung pada air sungai.

"Sekarang serba susah, air asin ya tidak bisa digunakan. Airnya sudah mulai berwarna kehijauan dan lengketbkalau nekat untuk mandi. Satu-satunya ya harus ada persiapan saat airnya tawar dan disimpan didalam drum," katanya.

(banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Didik Trio
Sumber: Banjarmasin Post

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer