Kanal

Dahnial Ingin Utuh Aluh HSS Promosikan Wisata HSS

Penjabat Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Dahnial Kifli berharap Utuh dan Aluh Kabupaten HSS bisa mempromosikan wisata HSS. - istimewa/Kominfo HSS

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Penjabat Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Dahnial Kifli berharap Utuh dan Aluh Kabupaten HSS bisa mempromosikan wisata HSS.

Selain itu, Utuh dan Aluh Kabupaten HSS juga harus bisa mengajak masyarakat HSS untuk menjaga kebudayaan asli dari Kabupaten HSS.

Hal itu disampaikan H Dahnial Kifli saat menghadiri kegiatan malam Grand Final Pemilihan Utuh Aluh HSS Tahun 2018 di lapangan terbuka Dharmansyah Djauhidie Kecamatan Kandangan akhir pekan tadi.

Penjabat Bupati menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta pemilihan utuh aluh tahun 2018.

Penjabat Bupati menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta pemilihan utuh

aluh tahun 2018. (istimewa/Kominfo HSS)

Yakni untuk melestarikan budaya daerah dan juga untuk mengembangkan potensi, bakat, kreativitas dan juga kecerdasan pada generasi muda.

Sehingga ajang pemilihan utuh dan aluh ini dapat menghasilkan duta wisata yang mampu mempromosikan dunia wisata Kabupaten HSS dan mengajak warga untuk menjaga budaya sendiri.

"Kedepannya saya berharap agar kegiatan pemilihan ini tidak hanya menjadi rutinitas namun hendaknya terus dilakukan perbaikan dan pengaturan program bagi para utuh dan aluh," katanya.

Sehingga para utuh dan Aluh, setelah selesai menjadi utuh dan aluh mereka masih dapat memberikan sumbangsih terhadap pembangunan di Kabupaten HSS.

Utuh dan Aluh Kabupaten HSS (istimewa/Kominfo HSS)

Kepala Dinas Pendidikan HSS Nordiansyah mengatakan tujuan diadakannya pemilihan utuh aluh tahun 2018 adalah untuk mewadahi, menyalurkan dan menumbuhkan motivasi generasi muda dalam upaya mengenalkan dan melestarikan nilai-nilai budaya daerah.

Selain itu untuk membekali dan memberikan pengetahuan kepada generasi muda mengenai keragaman seni dan budaya potensi pariwisata serta pembangunan pemerintah Kabupaten HSS.

"Dalam upaya untuk membina karakter generasi muda HSS sehingga mereka memiliki jati diri, mampu mengangkat citra positif serta dapat mempromosikan potensi yang dimiliki Kabupaten HSS," ucapnya.

Berdasarkan hasil pemilihan, akhirnya Utuh dan Galuh HSS tahun 2018 terpilih yakni Utuh HSS Muhammad Zairullah dan aluh HSS Maulidiya Ananda.

Untuk penyandang predikat presentasi terbaik dimenangkan oleh utuh Ali Akbar.

Sedangkan penyandang predikat berbakat dimenangkan oleh utuh Muhammad Syarif.

Untuk wakil utuh dan Aluh 2018 terpilih wakil lima Ali Akbar dan Rezkia Nurliati.

Wakil empat diraih Muhammad Yusuf dan Novia Ardana.

Wakil tiga diraih Muhammad Syarif dan aluh Nur Syevara Arianti.

Untuk Wakil dua diraih Muhammad Iqbal dan aluh Sita Rizky Nurhidayah.

Wakil satu diraih utuh Muhammad Alifullah dan untuk aluh diraih Anisa.

Para pemenang mendapatkan tropi tetap, piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Pada kesempatan itu PJ Bupati HSS menyerahkan secara langsung tropi dan hadiah kepada juara Utuh dan Aluh Kabupaten HSS 2018. (*/aol)

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Sumber: Banjarmasin Post

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer