Kanal

Takut Terjangkit Virus dan Penyakit Menular, Petugas Lihat Langsung Kondisi Unggas

Peternak unggas di Kecamatan Sungai Pandan. - istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Dinas Pertanian dan peternakan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) secara berkala melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada peternak unggas. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya virus atau penyakit menular yang dapat menyerang para unggas sehingga membuat kerugian bagi para peternak.

Hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Utara memiliki warga yang berprofesi sebagai peternak unggas baik ayam maupun itik. Kota Amuntai memang terkenal dengan penghasil itik alabio dan itik peking yang penjualannya sudah sampai ke luar daerah.

Karenanya para penyuluh peternakan terus memberikan bimbingan kepada para peternak untuk berupaya meningkatkan hasil produksi unggas baik petelur ataupun pedaging. Warna salah satu penyuluh di Dinas Pertanian dan Peternakan HSU mengatakan kunjungan biasa dilakukan langsung ke peternak dan melihat kondisi kandang unggas.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Indosiar Final Bulutangkis Asian Games 2018, Marcus/Kevin, Fajar/Rian & Jojo

Pihaknya melakukan pengecekan tempat dan kondisi unggas, sebagian peternak juga sering berkonsultasi mengenai kendala yang sedang dialami seperti adanya unggas yang mengalami turun nafsu makan atau tidak bergerak aktif.

Baca: Update Klasemen & Perolehan Medali Asian Games 2018, Senin (27/8), Indonesia 17 Emas, Silat Berjaya

Penyuluh selalu berupaya untuk memberikan solusi hingga memberikan kiat agar hasil ternak lebih maksimal. " seperti kebersihan kandang yang juga mempengaruhi pertumbuhan unggas hal ini masih ada yang belum memahami," ungkapnya.

Baca: Beda dengan Saipul Jamil, Dewi Perssik Servis Habis-habis Suami Barunya, Angga Kepedesan

Peternak unggas biasanya menjual ke warung yang telah berlangganan atau juga menjual ke pasar unggas yang ada di kecamatan Sungai pandan.

"Di Kecamatan Sungai Pandan dijual berbagai macam jenis unggas berbagai usia, kami juga sering melihat kondisi pasar untuk mengetahui kondisi unggas yang dijual di pasaran," ungkapnya. (Nia)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Didik Trio
Sumber: Banjarmasin Post

Aldi Novel Adilang Hanyut hingga ke Jepang: Saya Hanya Berdoa, dan Hiu Itu Pergi

Berita Populer