Kanal

Karhutla di Kabupaten HSS Terus Dipantau

Suasa saat proses pemadaman karhutla di wilayah Negara. - istimewa/Humas PT SAM

BANJARMASIN POST.CO.ID, KANDANGAN - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) terus dipantau oleh semua pihak terkait.

Berdasarkan data sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Kesatuan Bangsa dan Politik (BPB Kesbangpol) HSS bahkan menunjukkan luas lahan yang terbakar sudah mencapai ratusan hektare. Data lahan yang terbakar itu sejak April hingga Agustus 2018 di wilayah HSS.

Kepala Bidang Kedaruratan Logistik Rehabilitasi dan Kontruksi BPB Kesbangpol Kabupaten HSS, Nur Abdi mengatakan lokasi yang terbakar tersebar di delapan kecamatan.

Baca: 2 Jemaah Haji Kalsel Meninggal Dunia, Ini Identitas Lengkapnya

Meliputi Kecamatan Kandangan, Daha Selatan, Daha Utara, Daha Barat, Loksado, Padang Batung, Angkinang dan Sungai Raya.

"Sumber api yang ada langsung dipadamkan. Kita juga terus melakukan pemantauan titik api dan tim terus patroli di lapangan," katanya, Selasa, (28/8).

Selain itu, jika terjadi karhutla pihaknya langsung turun ke lapangan untuk memadamkannya, bersama TNI/ Polri, BPK, PT SAM, PT AGM dan warga sekitar.

Baca: Nama Danrem 101 Antasari Dicatut Terkait Izin Pupuk asal Cina, Ini Klarifikasinya

Dijelaskanya bahwa pemadaman karhutla dilakukan menggunakan mesin portable, mesin apung dan mesin jinjing hingga mobil pemadam.

Kepala BPB Kesbang Pol HSS Efran mengatakan untuk mencegah terjadi karhutla, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dengan semua pihak terkait.

"Kita juga sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, hingga mengelurkan suarat edaran pencegahan karhutla di Kabupaten HSS," ujarnya.

Baca: Paman Sekolah Berhasil Kalahkan Kades Petahana di Pilkades Tapin

Sampai sejauh ini, Karhutla di HSS dikatakannya masih belum ada berdampak hingga terjadinya kabut asap. Karena titik api yang terpantau langsung dipadamkan

Untuk proses pemadaman juga masih dilakukan oleh tim BPBD HSS yang dibantu oleh berbagai pihak seperti TNI dan Polri, pihak swasta dan masyarakat sekitar. (banjarmasinpost.co.id/aprianto)

Penulis: Aprianto
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Banjarmasin Post

Kronologi Lengkap Pembunuhan Satu Keluarga di Bekasi yang Dilakukan Haris Simamora

Berita Populer