Kanal

Pemkab HSS Usulkan APBDP Rp 64 Miliar Lebih

Kegiatan yang berlangsung akhir pekan tadi ini, dihadiri langsung Penjabat Bupati HSS H Dahnial Kifli dan kepala SKPD di Lingkup Pemkab HSS. - istimewa/Kominfo HSS

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian rancangan peraturan daerah (Raperda) anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBDP) tahun 2018.

Kegiatan yang berlangsung akhir pekan tadi ini, dihadiri langsung Penjabat Bupati HSS H Dahnial Kifli dan kepala SKPD di Lingkup Pemkab HSS.

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi dan Pemkab HSS mengusulkan APBDP tahun 2018 sebesar Rp 64.579.813.025.

Rapat Paripurna di DPRD HSS (istimewa/Kominfo HSS)

Penjabat (Pj) Bupati HSS H Dahnial Kifli mengatakan bahwa APBDP dilakukan karena terjadi perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum anggaran (KUA).

Karena itu perlu dilakukan pergeseran anggaran antar struktur organisasi perangkat daerah (SOPD) yaitu jenis belanja dan penambahan anggaran belanja pegawai.

Perubahan belanja tidak langsung, untuk pemenuhan kewajiban pembayaran tunjangan hari raya, dan gajib ke-13 ASN daerah lingkup Pemkab HSS.

“Kebijakan perubahan belanja daerah disusun dengan mempertimbangkan penggunaan saldo anggaran lebih tahun sebelumnya,” kata Dahnial.

Pendapatan daerah Kabupaten HSS pada perubahan 2018 sebesar Rp 1.243.003.766.901, meningkat 5,48 persen atau sebesar Rp 64.579.813.025, yang pada APBD sebesar Rp 1.178.423.953.876.

Sedangkan untuk belanja langsung, pada perubahan 2018 sebesar Rp 634.579.793.749, atau mengalami peningkatan dari APBD sebesar 9.91 persen.

Penjabat bupati bersalaman dengan Ketua DPRD HSS (istimewa/Kominfo HSS)

“Peningkatan terjadi, karena masuknya belanja yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK),” tuturnya.

Kebijakan pembiayaan pada perubahan 2018, diutamakan untuk menutupi defisit belanja daerah dan penyesuaian peningkatan penerimaan pembiayaan, yang berasal dari peningkatan sisa lebih anggaran. Defisit anggaran yang ditutupi sebesar Rp 2.710.150.114.

Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi mengatakan setelah rapat paripurna Raperda APBDP 2018, dilanjutkan dengan rapat gabungan komisi yang membahas empat raperda.

Yakni Raperda penyelengaraan jaminan kesehatan bagi masyarakat HSS, Pengelolaan penerangan jalan umum dan penerangan jalan lingkungan. Raperda ketahanan pangan serta penyelenggaraan pemerintahan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. (AOL/*)

Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Sumber: Banjarmasin Post

VIDEO John Kei, Sosok Pembunuh Sadis Penghuni Sel Khusus Nusakambangan yang Kini Bertobat

Berita Populer