Kanal

Kebakaran Lahan di HSS, Tim Fire Brigade Siap Padamkan Karhutla

Tim fire brigade saat memantau kondisi lahan dari Karhutla. - Istimewa

BANJARMASIN POST.CO.ID, KANDANGAN - Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla) yang masih sering terjadi di Wilayah Nagara Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menjadi perhatian serius pemerintah hingga pihak swasta.

Pada musim kemarau saat ini, titik api di wilayah Negara atau tiga Daha yang meliputi Kecamatan Daha Selatan, Daha Barat dan Daha Utara masih sering terjadi.

Adanya titik api itu, tidak hanya menjadi perhatian serius oleh tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSS namun semua pihak yang terkait baik dari masyarakat sekitar, anggota TNI dan Polri yang ikut bahu membahu memadamkan api.

Baca: Jadwal & Link Live Streaming Vidio.com Semifinal Sepakbola Asian Games 2018 Mulai Sore Ini

Begitu juga dengan PT Subur Agro Makmur (SAM) yang berdomisili di wilayah Nagara juga ikut berkontribusi dalam hal penanganan Karhutla yang terjadi di wilayah tiga Daha.

Community Development Officer (CDO) PT SAM Hero Setiawan menegaskan bahwa pihaknya juga berkomitmen untuk ikut mencegah dan membantu menanggulangi masalah karhutla yang terjadi saat musim kemarau.

Baca: Jadwal Semifinal Sepakbola Asian Games 2018 : Vietnam vs Korea Selatan, Jepang vs Uni Emirat Arab

"Kita memiliki Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) dan tim fire brigade yang khusus untuk ikut mencegah dan menanggulangi saat ada Karhutla," katanya, Rabu, (29/8).

Ditegaskannya bahwa saat ada dan mengetahui informasi ada kebakaran lahan, tim fire brigade akan turun langsung ke lapangan untuk membantu memadamkan api.

Baca: Update Perolehan Medali Asian Games 2018 - di Posisi 4, Indonesia Tiada Hari Tanpa Emas

"Biasanya tim kita yang turun sekitar 15 hingga 20 orang untuk ikut memadamkan api," lanjutnya.

Selain adanya tim Fire Brigade dan KTPA disebutkannya bahwa di masing-masing desa ring satu juga ada tim khusus yang menjaga api.

"Tim khusus ini bekerja memonitor, melaporkan dan bergerak ikut memadamkan api saat ada kebakaran lahan," ujarnya lagi.

Selama mengetahui informasi adanya kebakaran lahan diwilayah negara, ditegaskannya pihaknya akan selalu siap membantu untuk ikut memadamkan api (rian).

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Sumber: Banjarmasin Post

Gubernur Tampar Suporter PSMS Medan hingga Videonya Viral, Beri Penjelasan di Instagram

Berita Populer