Kanal

Begini Kata Ahli Cara Praktis Pencegahan Stunting di Masyarakat

Wahyu Hardi Prasetiyo - BANJARMASINPOST.co.id/hasby

BANJARMASINPOST.CO.ID - Munculnya stunting seperti fenomena gunung es, membuat semua lini tenaga kesehatan utama dan lintas sektoral untuk terpanggil terlibat dalam penanganannya.

Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

Pada 2018 angka stunting cukup mencengangkan, seiring perkembangan zaman adanya dua problem masalah gizi ganda, selain meningkatnya jumlah penyakit tidak menular antara lain diabetes melitus, stroke, jantung dan lain lain.

Baca: Jadwal Lengkap Pertandingan Asian Games 2018 Kamis 30 Agustus 2018, Indonesia Masih di Posisi 4

Wahyu Hardi Prasetiyo SSTG MPH RD/Dietesien mengatakan, sementara satu masalah malnutrisi yang di dalamnya ada stunting juga cukup tinggi angkanya.

Hingga kini upaya pemerintah melakukan penanganan secara lintas sektoral baik badan pertanian, pertahanan pangan, agama, pendidikab, BKKBN, PU, PDAM, tentunya yang lebih optimal berperan kesehatan.

Baca: Update Klasemen Perolehan Medali Asian Games 2018, Kamis (30/8), Indonesia No 4 Jam 06.00 WIB

"Di lingkungan keluarga kesadaran untuk memperoleh hidup sehat yang optimal menjadi prioritas, akan tetapi semua itu tidak begitu mudah untuk merealisasikan," jelasnya.

Keluarga haruslah menyadari begitu pentingnya edukasi pendidikan, penyuluhan dari petugas pelayanan kesehatan untuk keluarga, semua itu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam upaya mandiri terhadap perilaku sehat dilingkungan keluarga.

Baca: Jadwal Pertandingan Asian Games 2018 Hari Ini, dengan 88 Medali Indonesia Makin Kokoh di 4 Besar

"Begitu juga jika di lingkungan keluarga yang mempunyai ibu hamil wajib untuk melakukan pemeriksaan kehamilan pada pusat pelayanan kesehatan terdekat," papar Wahyu.

Secara rutin dan mengikuti penyuluhan sesuai anjuran petugas kesehatan pada pelayanan kesehatan, sehingga kondisi ibu hamil selama pemeliharan perawatan dari bu hamil terjaga dengan baik.

Jika memperoleh tablet tambah darah dari petugas kesehatan sebaiknya diminum secara teratur sesuai jumlah yang diberikan.

Halaman
12
Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Sumber: Banjarmasin Post

Kronologi Lengkap Pembunuhan Satu Keluarga di Bekasi yang Dilakukan Haris Simamora

Berita Populer