Kanal

Dirjen Dukcapil Minta KPU Coret Pemilih yang Tak Punya KTP Elektronik

Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof Zudan Arif Fakrulloh - Milna Sari

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof Zudan Arif Fakrulloh menegaskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak perlu ribet dalam menentukan warga yang memiliki hak pilih dalam pemilu. Pasalnya data KTP Elektronik se Indonesia sebutnya sudah diserahkan ke KPU.

KPU sebutnya sudah diberikan akses untuk membuka data pemilik KPT elektronik di Indonesia. Sesuai aturan Undang-Undang sebutnya warga yang memiliki hak pilih hanya warga yang memiliki KTP Elektronik. Jika warga hanya masih memiliki surat keterangan maka langsung dicoret dari daftar pemilih.

"Apa pusingnya KPU, coret saja dari daftat pemilih, negara harus tegas tidak akan memberikan hak warga yang tak mau mengurus kewajibannya untuk membuay KTP Elektronik," terangnya saat di Setdaprov Kalsel kemarin kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris Pekan 4 di RCTI, MNC TV & Bein Sports

Negara sebutnya harus tegas menghadapi masyarakat yang malas mengurus kependudukan dan catatan sipil dengan tak memberikan haknya sebagai warga yang memiliki KTP Elektronik.

"Kapan lagi kita merapikan catatan kependudukan kalau tidak dari sekarang," tambahnya.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga Italia Pekan 3 : AC Milan vs AS Roma, Parma vs Juventus!

Terlebih masyarakat sebutnya sudah diberi kemudahan dalam membuat KPT elektronik dengan jemput bola membuay KTP Elektronik expres dan pembuatan KTP Elektronik yang lebih cepat di Dispencapil.

"Membuatnya cepat dan updating data KTP Elektronik juga dalam satu atau dua hari juga sudah selesai, tidak ada sulit," ujarnya.

Tak hanya KPU, Bawaslu, Imigrasi, Rumah sakit, kepolisian sebutnya juga sudah mendapatkan akses data KTP Elektronik. "Tidak perlu lagi ribet Dukcapil harus mengantar data ke KPU ke Bawaslu, karena aksesnya juga sudah diberikan jadi harusnya KPU tak perlu pusing menentukan jumlah pemilih," tutupnya.

Baca: UPDATE Klasemen Perolehan Medali Asian Games 2018, Indonesia Terus Raih Medali, Kokoh di Urutan 4

Kadisdukcapil Kalsel, Ardiansyah, Jumat (31/08/2018) mengatakan Kalsel tergolong daerah yang sukses melakukan perekaman KTP Elektronik.

98 persen penduduk Kalsel sebutnya sudah melakukan perekaman catatan sipil.

Targetnya 1,200 juta penduduk melakukan capil. Namun di Kalsel sudah melampaui target.

"Sudah melebihi target karena penduduk yang potensial memiliki KTP el misalnya pelajar sudah melakukan perekaman," ujarnya.

(Banjarmasinpost.co.id /milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Didik Trio
Sumber: Banjarmasin Post

5 ABG Digerebek Hendak Gelar Pesta Seks di Makassar, 3 Gadis Masih di Bawah Umur

Berita Populer