Kanal

Ini yang Diharapkan KPK Pasca Menahan Idrus Marham di Rutan KPK

Idrus Marham ditahan KPK. - Tribunnews.com

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pasca menahan mantan Menteri Sosial RI Idrus Marham karena dugaan keterkaitan kasus pembangunan PLTU Riau, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap adanya sikap kooperatif.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata berharap, mantan Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham, kooperatif dan terbuka dalam proses hukum yang dihadapinya.

Baca: Jadwal Lengkap Pertandingan Asian Games 2018 Sabtu 1 September 2018, Tim Polo Indonesia Main!

“Saya pikir lebih baik yang bersangkutan terbuka, kooperatif mengungkapkan kalau memang ada pihak-pihak lain yang ikut terlibat,” kata Marwata, di Pulau Ayer, Kepulauan Seribu, Jumat (31/8/2018).

“Bagus untuk yang bersangkutan kalau dia bisa membuka, sehingga perkara bisa menjadi lebih terang kita bisa mengungkap kasus ini dengan lebih menyeluruh,” lanjut dia.

Penahanan yang dilakukan KPK terhadap Idrus pada Jumat malam untuk mempercepat proses penyidikan.

"Itu kewenangan penyidik, mungkin penyidik menilai bahwa alat bukti cukup dan mungkin penyidik mau mempercepat proses segera selesai," ujar Marwata.

Baca: Ini Kriteria Cewek Idaman Versi Jonatan Christie, Ngaku Sedang Dekat dengan Seseorang Lho

Idrus ditahan untuk 20 hari ke depan di Rumah Tahanan (rutan) KPK. Dalam kasus yang menjeratnya, Idrus berstatus tersangka dugaan korupsi kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1.

Mantan Menteri Sosial itu diduga berperan dalam pemberian uang suap terhadap Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih.

Menurut KPK, Idrus berperan mendorong agar Eni menerima uang Rp 4 miliar pada November dan Desember 2017, serta Rp 2,2 miliar pada Maret dan Juni 2018.

Semua uang itu diberikan oleh Johannes Budisutrisno Kotjo, selaku pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPK Berharap Idrus Marham Buka-bukaan soal Kasus PLTU Riau-1"

Editor: Rendy Nicko
Sumber: Kompas.com

Gubernur Tampar Suporter PSMS Medan hingga Videonya Viral, Beri Penjelasan di Instagram

Berita Populer