Kanal

Selain Logistik, Korban Kebakaran Juga Dapat Bantuan Bangunan Rumah dari Dinsos

Petugas dari Dinsos Tabalong saat menyalurkan bantuan logistik untuk korban kebakaran - HO/Dinsos Tabalong

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Bantuan dana untuk pembangunan rumah yang menjadi korban kebakaran hingga saat ini terus disalurkan Dinas Soaial (Dinsos) Kabupaten Tabalong.

Hanya saja tak seperti bantuan logistik yang bisa langsung disalurkan seketika setelah kejadian, dana bantuan pembangunan rumah harus melewati proses terlebih dahulu.

Kabid Perlindungan Jaminan Sosial Dinsos Tabalong, Kusnandar, menjelaskan, membenarkan bagi korban kebakaran selain logistik juga ada mendapatkan bantuan dana untuk pembangunan rumah.

"Kalau logistik bisa langsung kita berikan tak lama setelah kejadian, setelah sebelumnya dilakukan pendataan jumlah korban," katanya.

Sedangkan untuk bantuan dana pembangunan rumah terlebih dahulu diawali dengan proses penilaian terkait seberapa parah kerusakan yang dialami dari setiap rumah.

Baca: Live Beinsport 1! Cara Nonton Live Streaming Leicester City vs Liverpool Liga Inggris Pekan 4 di HP

Baca: Jadwal MotoGP Misano Italia 2018 Live Trans 7, Yamaha Jawab Tudingan Marc Marquez

Ini dilakukan karena untuk besaran dana yang diberikan tergantung dari persentase kerusakan rumah yang dialami akibat kebakaran.

Apabila bangunan rumah terbakar habis maka akan mendapatkan bantuan sebesar Rp. 8 juta, kerusakan 50 persen sebesar Rp. 4 juta, sedangkan bagi yang rusak ringan Rp. 2 juta.

Dana bantuan itu sendiri baru bisa dicairkan apabila semua persyaratan administrasi sudah bisa dipenuhi oleh korban dan juga menunggu terbitnya SK untuk pencairan.

"Bantuan nantinya akan disalurkan lewat rekening milik korban yang menjadi pemilik rumah, kami hanya memperoseskan saja," katanya.

Dengan adanya proses inilah, diakuinya, penyaluran dana bantuan pembangunan rumah tidak bisa serta merta langsung disalurkan begitu ada kebakaran.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) Beinsport 1 Leicester City vs Liverpool Liga Inggris Pekan 4 Malam Ini

Baca: Timnas U-23 Korea Selatan Bakal Cetak Sejarah Baru Jika Taklukan Jepang di Final Asian Games 2018

"Jadi bukannya dinsos lambat menangani, tapi ada persyaratan dan proses yang harus dilalui, kita selalu secepat mungkin untuk memberikan pelayanan," katanya.

Diungkapkannya dari pengalaman yang ada dengan syarat lengkap dan melalui semua proses yang ada, paling cepat dana bantuan untuk pembangunan rumah ini bisa dicairkan sekitar 2 bulan setelah kejadian.

Untuk dana bantuan pembangunan rumah ini orang yang menerima adalah orang yang menjadi pemilik dari rumah yang terbakar.

"Jadi kalau misalnya korban hanya mengontrak, maka bantuan dana untuk bangun rumah bukan untuk dia, tapi untuk si pemilik rumah, tapi kalau logistik maka diberikan bagi yang menghuni," katanya.

Sementara dari data yang ada hingga Agustus 2018, terdata ada sekitar 60 rumah korban kebakaran yang mendapatkan bantuan dana pembangunan rumah.
(banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Banjarmasin Post

Kronologi Lengkap Mahasiswi Dibunuh Pacar di Aceh, Diajak Jalan hingga Pelaku Kabur ke Rumah Ipar

Berita Populer