Kanal

Dinkes Balangan Kerjasama PT Adaro Gelar Kegiatan Kelas Ibu Sadar Kehamilan, Ini Tujuannya

Rapat Koordinasi Kelas Ibu Sadar Kehamilan (Darlan) & Kelas Ibu Sadar Balita (Darta) Tahun 2018 kerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan dengan CSR PT Adaro Indonesia kemarin Kamis (30/8/2018) di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan. - istimewa/Dinkes Balangan

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN -Pembangunan kesehatan akan berjalan dengan lancar apabila semua pihak baik pemerintah, swasta, organisasi kemasyarakatan dan masyarakatnya itu sendiri saling bekerjasama satu dengan lainnya, serta saling mempercayai akan semua program yang dilaksanakan.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan mewakili pemerintah Kabupaten Balangan, Akhmad Nasa'i saat dalam Rapat Koordinasi Kelas Ibu Sadar Kehamilan (Darlan) & Kelas Ibu Sadar Balita (Darta) Tahun 2018 kerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan dengan CSR PT Adaro Indonesia kemarin di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan.

Menurutnya, pembangunan kesehatan sampai dengan sekarang ini masih menghadapi berbagai masalah dan tantangan yang cukup besar dan klasik seperti kemiskinan, status pendidikan masyarakat yang rendah, keadaan dan kemampuan antar daerah yang sangat berbeda.

Lebih lanjut dihadapan perwakilan PT Adaro Indonesia, Kepala Puskesmas, dan Bidan Koordinator Puskesmas di Kabupaten Balangan, Nasa'i mengatakan dengan adanya kegiatan Kelas Ibu Sadar Kehamilan (Darlan) dan Kelas Ibu Sadar Balita (Darta) ini diharapkan akan tercipta sebuah wadah pendidikan kesehatan kepada masyarakat, dengan tujuan tercapainya perubahan dan terbentuknya perilaku individu, keluarga, dan masyarakat yang sesuai dengan konsep hidup sehat baik fisik, mental dan sosial sehingga dapat menurunkan kesakitan dan kematian yang dalam hal ini adalah ibu hamil, bayi, dan balita.

“Untuk itu, kami dari Dinkes Balangan mengucapkan terimakasih kepada PT Adaro yang selama ini terus aktif ikut membantu serta mendukung menggerakkan roda pelayanan kesehatan di Kabupaten Balangan selama ini,” ujarnya.

Sementara itu, CDR PT Adaro Indonesia, Ahmad Fitriadi mengungkapkan bahwa tanggung jawab sosial perusahaan dalam turut serta dalam pembangunan di manapun mereka berada itu mencakup 5 pilar yakni, bidang pendidikan, ekonomi, sosial budaya, pendidikan, kesehatan dan lingkungan.

Fitriadi mengatakan, dalam PT Adaro Indonesia itu terdapat istilah Corporate Social Responsibility atau CSR yang merupakan bentuk investasi sosial perusahaan dalam memberikan dampak positif bagi bisnis perusahaan sekaligus memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya yang berada di wilayah operasional perusahaan.

“Untuk mencapai ini semua, maka PT Adaro Indonesia akan terus bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan untuk memberikan dukungan dan turut serta dalam pembangunan yang dilaksanakannya demi untuk memberikan kemaslahatan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Kepala seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi, Aisyah menambahkan bahwa, Kelas Ibu Sadar Kehamilan dan Kelas Ibu Sadar Balita ini merupakan aktifitas belajar kelompok dalam kelas, yang pesertanya terdiri dari beberapa ibu hamil dan ibu balita di bawah bimbingan satu atau beberapa fasilitator dengan menggunakan buku KIA sebagai buku pembelajarannya, ataupun buku-buku lain yang sesuai.

“Dalam rapat koordinasi ini memang hanya di dihadiri oleh 5 Puskesmas yaitu Puskesmas Paringin Selatan, Paringin, halong, Juai, dan Puskesmas Lampihong saja, karena untuk kegiatan yang akan dilaksanakan ini berhubungan dengan wilayah kerja Puskesmas yang masuk dalam wilayah operasional PT. Adaro Indonesia,” pungkasnya. (*/aol)

Penulis: Elhami
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Banjarmasin Post

Beredar Isi Percakapan Asusila Kepsek SMAN 7 Mataram yang Menyeret Baiq Nuril

Berita Populer