Kanal

Bangunan Pasar Modern Agrobisnis Barabai Rampung, Pedagang Tidak Tahu Jadwal Kepindahan

Pasar Agrobisnis Modern Barabai yang telah rampung dibangun. - banjarmasinpost.co.id/hanani

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI- Meski telah rampung, sejumlah pedagang di lokasi penampungan sementara jalan Pasar Hanyar Barabai  mengaku belum mengetahui jadwal pemindahan mereka ke bangunan baru pasar tradisional modern yang telah diberi nama Pasar Agrobisnis  Modern Barabai.

Merekapun khawatir tak dimasukkan pemerintah kabupaten dalam data sebagai pedagang yang berhak menempati bangunan pasar baru di lahan eks terminal Keramat Barabai tersebut.

Seperti dikatakan pedagang buah, yang juga seorang nenek. DIa mengaku lebih 10 tahun berjualan buah di eks pasar agrobisnis lama sebagai PKL.

“Sampai sekarang saya tidak tahu, apakah nama saya terdata sebagai pedagang yang berhak menempati lokasi baru. Kalau tidak terdata, saya bingung nantinya berjualan di mana,”kata nenek yang berjualan buah dan sayur ini, Senin (3/9/2018).

Baca: Begini Kronologis Penangkapan Kawanan Pencuri Sarang Walet di Lamandau, Polisi Pun Tembak Pelaku

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) Trans 7 MotoGP Italia 2018 di Sirkuit Misano San Marino Minggu Ini

Kekhawatiran juga dirasakan Idah, pedagang sayur. Walaupun mengaku sudah masuh dalam data, dia tetap saja khawatir nantinya tidak kegaian lapak di dalam pasar modern. Menurut Idah pihak pemeirntah sampai sekarang belum memberitahu kepastian kapan mereka pindah ke bangunan baru tersebut.

Kondisi di dalam Pasar Agrobisnis Modern Barabai (banjarmasinpost.co.id/hanani)

 “Saya dan pedagang buah dan sayur di sini sudah jualan puluhan tahun di eks lokasi lama. Kami siap saja dipindah , asalkan semua pedagang lainnya juga masuk ke gedung pasar modern. Jangan sampai setelah pemindahan nanti, masih ada yang berjualan di pinggir jalan atau di badan jalan seperti di penampungan sekarang ini. Sebab akan berdampak pada pengunjung di dalam,”kata Idah.

Menurutnya, sifat pembeli, selalu mencari lokasi yang mudah dijangkau. Namun, jika semua pedagang diarahkan masuk ke dalam bangunan pasar baru, mau tak mau pengujung akan datang kesana.

"Jadi kami sangat memohon ketegasan aparat pemerintah dalam hal ini,”kata Idah.

Sementara itu, berdasarkan hasul rapat koordinasi yang dipimpin Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab HST, Pandiansyah pekan lalu, disepakati eksekusi pemindahan pedagang dipenampungan sementara dijadwalkan 17 sampai 18 September mendatang, dimana 19 September lokasi jalan pasar hanyar yang selama ini “dikuasi” pedagang harus bersih.

Baca: Musim Kepulangan Jemaah Haji, Toko Oleh-Oleh Haji Makin Ramai

Untuk pemindahakan tersebut, Pemkab HST dibantu aparat TNI dan Polri, selain menurunkan anggota Satpol PP dan Dinas Perhubungan. Sedangkan pedagang yang tak terdata sebagai pedagang eks pasar agrobisnis, diminta segera masuk kembali ke area pertokoan sebelum 15 September. Sementara, pantauan BPost, di bangunan baru pasar agrobisnis modern Barabai, meski secara fisik bangunan telah selesai, terlihat beberapa pekerja masih terlihat melakukan penyelesaian.

Khususnya untuk bagian halaman, yang masih terlihat becek. Kemarin terlihat tumbukan batu untuk pengerasan. “Kalau halamannya belum siap. Semoga saja bisa selesai dalam waktu setengah bulan ini,”ungkap salah satu pekerja. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Hari Widodo
Sumber: Banjarmasin Post

Video detik-detik Vicky Prasetyo Gerebek Angel Lelga sedang Selingkuh di Kamar Pukul 2 Dinihari

Berita Populer