Kanal

Beasiswa Adaro, Rektor ULM : Ini Seperti Mimpi

PROGRAM beasiswa bertajuk Adaro Bright Future Leader (ABFL), kerjasama PT Adaro Indonesia dan Universitas Lambung Mangkurat Kalsel, resmi ditandatangani bersama di ruang pertemuan Rektorat ULM, Kayutangi, Banjarmasin, Jumat (31/8/2018). - YABN

BANJARMASINPOST.CO.ID - PROGRAM beasiswa bertajuk Adaro Bright Future Leader (ABFL), kerjasama PT Adaro Indonesia dan Universitas Lambung Mangkurat Kalsel, resmi ditandatangani bersama di ruang pertemuan Rektorat ULM, Kayutangi, Banjarmasin, Jumat (31/8/2018).

Menurut Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, prof Yudi Firmanul Ariffin, kerjasama dengan Adaro sudah berproses diawal 2018. "Komunikasi melalui medsos itu, merupakan penawaran kerjasama pemberian beasiswa untuk mahasiswa ULM," ungkapnya.

Sejumlah kendala sempat mengadang, terutama terkait serah terima pengelola rusunawa dari kementrian terkait kepada ULM. Tim lantas bergerak cepat, pengurusan digarap, sepucuk surat serah terima pengelolaan dari Kementrian Dikti lantas dikantongi.

Tak sebatas beasiswa, kerjasama Adaro-ULM ini, juga berupa pembangunan asrama mahasiswa di kampus ULM Banjarmasin berkapasitas 200 mahasiswa, serta perbaikan fasilitas rusunawa di lingkungan kampus ULM Banjarbaru.

Bertujuan untuk melahirkan generasi pemimpin masa depan, kerjasama senilai Rp 16,4 Milyar untuk pembangunan asrama dan perbaikan fasilitas rusunawa serta Rp 8,5 Milyar untuk beasiswa bagi 108 Mahasiswa dari 9 kabupaten kota di area operasional Adaro, Balangan, Tabalong, Batola, Banjarmasin, Kab Banjar (Kalsel), Bartim, Barsel, dan Murung Raya (Kalteng), meliputi uang kuliah tunggal, uang pembinaan, dan biaya hidup bagi penerima beasiswa.

PROGRAM beasiswa bertajuk Adaro Bright Future Leader (ABFL), kerjasama PT Adaro Indonesia dan Universitas Lambung Mangkurat Kalsel (YABN)

Menurut External Relations Division Head Adaro, Rizki Dartaman, Adaro mewujudkan CSR dengan lima pilar sebagai penopangnya, dua diantaranya adalah pendidikan dan ekonomi.

Pengembangan ekonomi guna mengejar target pembangunan jangka pendek, agar masyarakat mampu merasakan dampak positif kehadiran Adaro.

"Sedangkan pendidikan, adalah upaya jangka panjang, selain menyiapkan SDM handal, sekaligus menyokong kemampuan ekonomi di masa mendatang agar menjadi lebih baik," katanya.

Rektor ULM, Prof Soetarto Hadi turut berujar, kerjasama ini selayaknya mimpi yang membahagiakan.

"Adaro membangunkan asrama mahasiswa untuk ULM, ini seperti mimpi. Saya berharap, pengelolaannya nanti bisa menjadi role model bagi yang lain," ungkapnya.

Pembekalan Mahasiswa Penerima Beasiswa ABFL (YABN)

Program semacam ini, lanjutnya, harus dibina secara berkesinambungan, tak hanya dengan Adaro, juga bersama perusahaan lain.

"Langkah semacam ini, akan mempercepat lompatan untuk mempersiapkan pemimpin masa depan melalui pendidikan," tukasnya.

Karena sejatinya, kata Soetarto, SDM andal merupakan warisan terbaik untuk generasi masa depan.

Tak hanya tanggungjawab perguruan tinggi, juga semua pihak yang punya kepedulian serupa.

Dalam pertemuan itu, turut dilakukan pertukaran nota kesepakatan kedua belah pihak.(*)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Banjarmasin Post

Kronologi Polisi Gadungan Perkosa Siswi SMK di Hadapan Pacar, Berawal Kepergok Mesum di Warnet

Berita Populer