Kanal

Bersaing dengan Franchise Bermodal Besar, Pebisnis Kuliner Lokal Kreatif Menciptakan Konsep ini

- BPost Cetak

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Persaingan di dunia bisnis selalu ketat di hampir semua segmen baik dari kelas bisnis korporasi hingga bisnis kaki lima sekalipun.

Saat ini tak hanya pengusaha kecil namun usaha dengan nama dan modal besar juga menyasar segmen kaki lima dengan konsep franchise.

Karena itu, pengusaha kecil dengan skala bisnis mikro dan kecil harus putar otak bersaing dengan jaringan franchise kaki lima yang memiliki modal besar.

Sebagai kota perdagangan, bisnis kuliner kaki lima berkonsep gerobak termasuk menjadi hal yang umum dan banyak menjadi jadi pilihan pengusaha lokal yang terjun ke dunia bisnis.

Baca: Lama Bungkam Stuntman Jokowi Minta Maaf, Pengakuannya Soal Video Pembukaan Asian Games 2018

Pebisnis kuliner lokal berkonsep gerobak, Edoy yang Pemilik Edoy's Pizzeria mengandalkan originalitas produk sebagai senjata utamanya bersaing.

Bisnis yang dimulai karena latah dan hanya ikut-ikutan tren tanpa memiliki ciri khas yang kuat menurutnya banyak jadi alasan usaha yang dirintis hanya bertahan seumur jagung.

Dengan modal awal Rp 15 juta, namun dengan resep otentik khas yang jadi andalannya, tak hanya sekadar dapat bertahan, tapi kini Edoy juga mulai mengembangkan bisnisnya dengan membuka beberapa cabang Edoy's Pizzeria.

Baca: Mahfud MD Sebut Gerakan #2019GantiPresiden Tak Langgar Hukum, Tapi Tolak Ikut, Jelang Pilpres 2019

"Utamanya kualitas dan penilaian produk itu sendiri, kalau dikira sudah pantas dipasarkan baru mulai. Jangan cuma ikut-ikutan dan gelontorkan modal dari konsep yang viral padahal kurang paham atas produk yang akan dijual," kata Edoy.

Edoy memulai bisnisnya sejak 2016. Selain produk intinya, Edoy juga memadukan komponen desain gerobak atau booth yang unik, lokasi berdagang, penentuan harga dan strategi pemasaran yang sesuai segmen yang dituju.

Soal gerobak, dengan perkembangan saat ini Edoy sudah bisa mengalokasikan dana lebih besar antara Rp 15 juta hingga Rp 20 juta untuk membuat gerobak dengan desain unik dan menarik sesuai tema produk yang dijual.

Baca: Pernyataan Menag Lukman Hakim Soal Ustadz Abdul Somad yang Batal Ceramah karena Dugaan Intimidasi

Halaman
12
Editor: Edinayanti

Wanita Tewas Dalam Lemari Pernah Unggah Foto Bersama Pelaku, Sempat Usir dari Kos sebelum Dibunuh

Berita Populer