Kanal

Anjing Liar Marak di Balangan, Ini yang Dilakukan Pemerintah Daerah

Giat vaksinasi rabies disejumlah tempat di Balangan. - ISTIMEWA/kiriman drh Dewa Ayu Putu Asrinadi

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Pemerintah Kabupaten Balangan terus berupaya melakukan penanganan serta antisipasi terhadap gangguan keberadaan anjing liar atau gila.

Menyikapi kejadian di Desa Lajar RT 2 Kecamatan Lampihong pihak pemerintah melakukan kegiatan vaksinasi di sejumlah tempat.

Kepada banjarmasinpost.co.id, Rabu (5/9/2018) drh Dewa Ayu Putu Asrinadi selaku Kasi Keswan dan Kesmavet mengatakan, untuk giat vaksinasi rabies sudah dilaksanakan, tetapi belum semuanya mau divaksinasi rabies.

Baca: Respons Orang Dekat Gus Dur Soal Ustadz Abdul Somad yang Batal Ceramah karena Dugaan Intimidasi

Menurutnya, untuk daerah kota seperti Lampihong, Paringin dan Paringin Selatan kebanyakan vaksinasi rabies pada kucing, karena di daerah ini tidak ada anjing peliharaan.

"Sedangkan penanganan anjing liar, kami melaksanakan eliminasi dengan cara diracun, tapi saat ini kami terkendala dengan tersedianya racun karena ada larangan import racun ke Indonesia," ungkapnya.

Baca: Pesawat Berpenumpang Vokalis Endank Soekamti Jatuh di Yogyakarta, Ini Faktanya

Sehingga saat ini pihakya fokus melakukan pencegahan rabies dengan mengoptimalkan vaksinasi rabies pada HPR (Hewan Pembawa Rabies) seperti anjing, kucing dan kera.

Baca: Lagi, Teror Anjing Gila Terjadi di Desa Lajar Lampihong, Korban Diterkam Dari Belakang

"Untuk himbauan pada masyarakat Balangan yang memelihara anjing, kucing dan kera, yang mau divaksinasi rabies agar bisa untuk melaporkan ke bidang peternakan, pasalnya Vaksinasi Rabiesnya gratis," tutupnya.(banjarmasinpost.co.id/muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Banjarmasin Post

5 ABG Digerebek Hendak Gelar Pesta Seks di Makassar, 3 Gadis Masih di Bawah Umur

Berita Populer