Kanal

Bulan Muharram Termasuk Al-Asyhurul Hurum, Simak Penjelasan Serta Amalan Baik yang Bisa Dikerjakan

ilustrasi - net

BANJARMASINPOST.CO.ID – Bulan Muharram disebut juga dengan bulan Al-Asyhurul Hurum.

Jelang Tahun baru Hijriah 1440 H nanti, apakah anda sudah tahu apa itu Al-Asyhurul Hurum, yang mana diantaranya adalah bulan Muharram.

Awal bulan Muharram 1440 H tahun ini bertepatan dengan tanggal 11 September 2018.

Dikutip dari situs Nahdlatul Ulama online, Bulan Muharram merupakan salah satu dari Al-Asyhurul Hurum (bulan-bulan yang dimuliakan) oleh Allah SWT yang berjumlah empat, yaitu: Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab.

Baca: Usai Goyang Dayung, Video Presiden Jokowi Nge-Rap Bareng JFLOW, Ini Reaksi Orang di Sekitarnya

Para ulama' tafsir sepakat tentang empat bulan tersebut yang masuk pada Al-Asyhur Al-Hurum. Dalam surat At-Taubah ayat 36 Allah SWT berfirman:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ (التوبة : 36)

"Sesungguhnya bilangan bulan menurut Allah ialah dua belas bulan pada ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa."

Baca: Istri Sunu Matta, Suci Singgung Soal Nikah Siri yang Dilakukan Diam-diam, Sindir Siapa?

Pada ayat ini dapat dipahami bahwa ketetapan Allah SWT setelah penciptaan langit dan bumi Allah menetapkan bilangan bulan yang berjumlah 12, empat diantaranya adalah bulan-bulan haram (yang di muliakan) bulan yang mendapat keistimewaan dari Allah swt dari pada bulan-bulan yang lain kecuali bulan Ramadlan.

Diantara empat bulan tersebut adalah bulan Muharram, yang mana Allah melarang umat Islam berperang dan melakukan kedhaliman sebagai penghormatan pada bulan Muharram.

Karena bulan Muharram termasuk Al-Asyhurul Hurum, maka bulan Muharram memiliki beberapa keistimewaan dan keutamaan yang tidak dimiliki bulan lain.

Baca: Tangisan Via Vallen Usai Closing Ceremony Asian Games 2018, Via: Siapa Sih yang Enggak Mau Tampil?

Halaman
1234
Penulis: Noor Masrida
Editor: Edinayanti
Sumber: Banjarmasin Post

Video Sel Asli Setya Novanto Diunggah Najwa Shihab, Nazaruddin Ikut Tepergok di Dalamnya

Berita Populer