Kanal

Masih Bersandar Pada Dolar AS, Pemilik Biro Perjalanan Terpaksa Naikkan Tarif Umrah

bpost - BPost Cetak

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Hal yang sama dirasakan biro perjalanan umrah di Kalsel, kenaikan harga paket umrah didasari kenaikan harga tiket penerbangan.

Kenaikan harga tiket juga terjadi akibat pelemahan nilai tukar rupiah karena harga tiket pesawat tujuan ke Tanah Suci dipatok dalam dollar Amerika.

Padahal, biaya tiket penerbangan menjadi salah satu komponen biaya terbesar dalam pokok harga komponen umrah.

Baca: Kartika Putri Dipanggil Begini Oleh Putri Habib Usman bin Yahya, Ada Postingan Foto Kebersamaan

Menurut M Rizki Akbari, Direktur Travel Al Banjary, rata-rata kenaikan harga paket umrah tahun ini sudah mencapai kisaran Rp 4 juta dibanding tahun lalu.

"Biaya tiket penerbangan bisa sebesar 75 persen dari paket dan itu dihitung dengan kurs dollar, otomatis terpengaruh," ujarnya.

Baca: Jokowi Diminta Mundur Jadi Presiden RI Karena Nilai Tukar (kurs) Rupiah Melemah, Ini Alasannya

Selain tiket pesawat, akomodasi jemaah selama di Tanah Suci termasuk penginapan, katering, transportasi dan yang lainnya juga hampir seluruhnya bergantung pada jasa vendor yang berpatok pada dollar Amerika.

"Tarif umrah terpaksa harus kami up, berhubung biaya penerbangan dan operasional lainnya masih bersandar terhadap dollar," ucap Rizki.

Baca: Kumpulan Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 2018, 1 Muharram 1440 H dalam Bahasa Indonesia & Inggris

Menurut dia, selain faktor nilai rupiah, minat masyarakat melaksanakan umrah cenderung menurun akibat adanya biaya tambahan visa untuk keberangkatan lebih dari satu kali dalam kurun waktu tiga tahun.

Editor: Edinayanti
Sumber: Banjarmasin Post Edisi Cetak

Wanita di Medan Dicegat 4 Teman Sosialitanya saat Naik Taksi, Babak Belur Dihajar Pakai High Heels

Berita Populer