Kanal

Tanggapan Roy Suryo Ketika Dituding Belum Kembalikan 3.226 Aset Negara, Merasa Difitnah

Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo (kiri), Sekretaris Utama BNN, Nicolaus Eko Riwayanto (tengah), dan Deputi Penindakan BNN, Benny Mamoto memberikan keterangan pers seusai melakukan pertemuan tertutup di BNN, Cawang, Jakarta Timur, Senin (28/1/2013). Roy juga menginginkan penyatuan liga di Indonesia pada Kongres Luar Biasa PSSI pada 17 Maret 2013. - kompas.com

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tudingan yang menyebut adanya ribuan Barang Milik Negara (BMN) yang kabarnya belum dikembalikan Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, akhirnya dibantah.

Bantahan terkait tuduhan itu disampaikan langsung oleh Roy Suryo melalui pesan singkat WhatsApp pada Selasa (4/9/2018) malam pukul 23.36 WIB.

Baca: Maia Estianty dan Mulan Jameela Terlihat Ngobrol di Ultah Al, Ahmad Dhani : Maia Mau Berhijab

Roy yang menjabat sebagai Menpora RI pada 15 Januari 2013 hingga 20 Oktober 2014 menyebut tuduhan itu sebagai fitnah untuk menjatuhkan citranya.

"Aset BMN Kemenpora sebanyak 3.226 unit disebut-sebutkan masih saya bawa? Padahal tidak sama sekali," tulis Roy Suryo kepada Kompas.com.

"Saya duga dengan keras bahwa ini adalah fitnah untuk menjatuhkan martabat dan nama baik saya di tahun politik ini," tutur dia melanjutkan.

Baca: Menikah dengan Habib Usman, Ternyata Kartika Putri Sudah Punya Anak, Lihat Foto-fotonya

Roy kemudian menyatakan bahwa perkara tersebut selanjutnya akan ditangani oleh penasehat hukumnya, M Tigor P Simatupang, SH.

Sebelumnya, beredar surat dengan kop Kemenpora di media sosial yang ditujukan kepada Roy Suryo tanggal 1 Mei 2018.

Dalam surat itu, Kemenpora meminta Roy Suryo mengembalikan 3.226 unit barang milik negara.

Surat Kemenpora yang ditujukan kepada Roy Suryo beredar di media sosial. Kemenpora menagih Roy mengembalikan 3.226 barang milik negara. ((Twitter))

Permintaan pengembalian BMN kepada Roy Suryo itu didasarkan atas Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah dan Surat Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 1711/MENPORA/INS/VI/2016 tanggal 17 Juni 2016 tentang Pengembalian Barang Milik Negara.

Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto yang dikonfirmasi Kompas.com pada Selasa (4/9/2018) sore, membenarkan adanya surat tersebut. "Surat itu betul adanya," ujar Gatot.

Baca: Kader Gerindra Ini Ancam Gugat KPU Jika Tak Diloloskan Jadi Caleg di Pileg 2019

Meski demikian, Gatot merasa heran mengapa surat tersebut baru ramai diperbincangkan di media sosial saat ini.

Padahal, ia mengirimkan surat tersebut pada Mei lalu. Hingga saat ini, Gatot menyatakan belum ada satu pun barang yang dikembalikan oleh Roy Suryo.

Sebagai tindak lanjut, pihaknya pun akan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan dan BPK terkait hal itu. Selain itu, Kemenpora akan berupaya terus menagih politisi Partai Demokrat itu untuk segera mengembalikan barang-barang milik negara.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Roy Suryo: Ini Fitnah untuk Menjatuhkan Nama Baik Saya"

Editor: Rendy Nicko
Sumber: Kompas.com

Beredar Foto-foto Awal Penemuan Jasad Korban Pembunuhan Sekeluarga di Bekasi, 2 Anak di Kamar

Berita Populer