Kanal

DCS Ditanggapi, KPU Tanahlaut Surati Parpol, Tujuannya Ini

Ahmad Rozi, anggota KPU Kabupaten Tanahlaut - banjarmasin post group/ mukhtar wahid

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanahlaut menyikapi tanggapan publik terhadap daftar calon legislatif sementara (DCS) peserta pemilu 2019.

Sikap itu dalam bentuk menyurati pengurus partai politik peserta pemilu 2019 agar segera melakukan pergantian calon legislatifnya.

Itu diharapkan sebelum tahapan penetapan DCS menjadi daftar calon legislatif tetap (DCT) pemilu 2019 pada 20 September ini.

Baca: Klarifikasi Ustadz Abdul Somad Soal Batal Ceramah Karena Dugaan Intimidasi, Sebut Sejumlah Ormas

Informasi dihimpun reporter Banjarmasinpost.co.id, surat itu berisi imbauan agar pengurus partai politik melakukan pergantian terhadap calon legislatifnya.

Lima calon legislatif yang masuk dalam pengumuman daftar calon sementara, sudah diklarifikasi KPU Tanahlaut.

"Calon dari Partai Golkar Tanahlaut ditanggapi Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Kalimantan Selatan," ujar anggota KPU Kabupaten Tanahlaut, Ahmad Rozi.

Baca: Jadwal & Klasemen MotoGP Mizano Italia 2018 Live Trans 7, Valentino Rossi Target Juara di Kandang

Ada juga calon legislatif yang mendapat tanggapan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Tanahlaut, karena belum mundur sebagai pegawai honorer.

"Pegawai honorer itu menerima gajia dari APBD ataupun sumber gaji dari APBN harus mundur jika menjadi anggota partai politik dan calon legislatif," tambah Ahmad Rozi.

Ahmad Rozi mengaku sudah melakukan klarifikasi terhadap tanggapan masyarakat itu kepada pengurus partai politik dan calon legislatif bersangkutan.

Hasilnya, kata Ahmad Rozi, KPU Tanahlaut memberikan batas waktu perbaikan dokumen pencalonan sejak 4 Sepetember ini hingga 10 September nanti.

Baca: Gadis Cantik Menangis di Bandara Syamsudin Noor Karena Batal Jadi Pembantu di Arab Saudi

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanahlaut, Gunawan Rahayu dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id, berharap partisipasi masyarakat untuk memberikan tanggapan terhadap para calon legislatif sebelum ditetapkan.

"Kami sudah menerima surat tembusan hasil klarifikasi KPU Kabupaten Tanahlaut terhadap lima calon legislatif yang mendapat tanggapan masyarakat. Kita awasi sesuai peraturan," katanya.

(banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Banjarmasin Post

Pengakuan Wanita Penabrak Anggota Polisi usai Terobos Rombongan Presiden Jokowi

Berita Populer