Kanal

Ratusan Santri Ponpes Ibnu Atha'illah Jalani Khataman Alquran

Suasana Khataman Al Quran - istimewa/ Kominfo HSS

BANJARMASIN POST.CO.ID, KANDANGAN - Pondok pesantren Ibnu Atha'illah di Desa Kapuh Kecamatan Simpur Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar khataman Alquran, Kamis, (6/9/2018).

Kegiatan khataman Al Qur'an diikuti ratusan santri dan santriwati madrasah Iftidaiyah (MI) dan Ponpes Ibnu Atha'illah. Ada 107 orang peserta khataman Al Qur'an yang berasal dari kelas 3, 4 dan 5.

Baca: Klarifikasi Ustadz Abdul Somad Soal Batal Ceramah Karena Dugaan Intimidasi, Sebut Sejumlah Ormas

Ustadz Akhmad Khairullah selaku panitia pelaksana mengatakan kegiatan Khataman Al Qur'an Massal ke 2 diikuti sebanyak 107 santri dan santriwati yang terdiri dari 62 santri dan 45 santriwati.

Pimpinan Pondok Pesantren Ibnu Athaillah KH Muhammad Riduan Baseri memimpin langsung prosesi Khataman Al Qur'an para santri dan santriwati MI dan Pondok Pesantren Ibnu Athaillah Kapuh Madani. Pada kegiatan ini juga dihadiri PJ Bupati HSS H Dahnial Kifli dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab HSS.

Penjabat Bupati HSS mengucapkan rasa syukur dan gembira dengan dilaksanakannya acara khataman Al Qur'an bagi santri dan santriwati di Pondok Pesantren Ibnu Athaillah.

Baca: Kartika Putri Akhirnya Pamerkan Kebersamaan dengan Habib Usman, Foto Bareng Ridwan Kamil

"Semua ini menunjukkan tingginya kesadaran dan tanggung jawab masyarakat dan para orang tua, khususnya pihak yayasan Ibnu Athaillah terhadap pentingnya pendidikan agama dalam hal kemampuan membaca Al Qur'an," katanya.

Pimpinan dan seluruh dewan guru telah mendidik dan membimbing anak-anak sehingga dapat menyelesaikan kegiatan membaca Al Qur'an dan melaksanakan khataman yang juga selaras dengan salah satu visi Kabupaten HSS dalam mewujudkan masyarakat yang agamis.

Pimpinan Pondok Pesantren Ibnu Athaillah KH Muhammad Riduan Baseri mengatakan jumlah santri yang menjalani khatam Al Qur'an tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu.

Baca: KemenPAN RB Gelar Pertemuan Diduga Tetapkan Formasi CPNS 2018, Siap Jadwal Penerimaan

"Tahun ini berjumlah 107 santri dan tahun lalu sebanyak 55 santri. Pada Khataman Al Qur'an ini bukan sekedar seremonial tetapi benar-benar khatam dan bagus bacaannya," katanya.

Diakhir acara dilakukan pemberian sekaligus menyerahkan ijazah oleh Pimpinan Pondok Pesantren Ibnu Athaillah kepada para santri dan santriwati yang melaksanakan khataman Al Qur'an. (banjarmasinpost.co.id/aprianto)

Penulis: Aprianto
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Banjarmasin Post

Gadis di Sumbar Diperkosa Teman Pacar saat Kelelahan Mendaki Gunung hingga Akhirnya Tewas

Berita Populer