Kanal

Germas, Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Hidup Sehat

Dinas Kesehatan Kabupaten HSU menggelar acara gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) sekaligus pencanangan program imunisasi campak dan rubella di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). - istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Dinas Kesehatan Kabupaten HSU menggelar acara gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) sekaligus pencanangan program imunisasi campak dan rubella di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Kegiatan ini diharapkan dapat menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan. menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk.

Serta menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan yang disebabkan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

Pada kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Pahlawan Amuntai ini juga mengelar senam bersama serta imunisasi MR yang diharapkan dapat meningkatkan keinginan warga dalam memvaksinkan anaknya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan HSU dr Agus Fidliansyah mengatakan kegiatan ini merupakan puncak dari mengajak warga dalam gerakan hidup sehat.

Pada kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Pahlawan Amuntai ini juga mengelar

senam bersama serta imunisasi MR yang dihar (istimewa)

Memakan makanan yang sehat dan bergizi.

“Kami berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hidup sehat,” ungkapnya.

Wakil Bupati HSU Husairi Abdi Lc yang membuka kegiatan ini mengatakan indonesia menghadapi masalah kesehatan triple burden, yaitu masih tingginya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular dan munculnya kembali

penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi.

dalam mengatasi hal ini, diperlukan upaya pendekatan promotif dan preventif yang sangat efektif untuk menjawab berbagai tantangan kasehatan.

Karena pada dasarnya, pencegahan penyakit menular maupun tidak menular sangat tergantung pada prilaku individu, yang didukung dengan kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana kesehatan, peningkatan palayanan kesehatan, menciptakan sumber daya kesehatan yang berkualitas serta dukungan regulasi.

“melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat akan pentingnya kita melakukan pembiasaan aktivitas fisik, memperhatikan konsumsi makanan dan melakukan tindakan preventif dalam upaya penurunan penyakit tidak menular,” ujarnya. (*/aol)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Edinayanti
Sumber: Banjarmasin Post

VIDEO Isak Tangis Kerabat Korban Pembunuhan Bekasi: Tunjukkan Pembunuhnya Tuhan

Berita Populer