Kanal

Kader Golkar Diminta Idrus Marham Kembalikan Uang, Dugaan Mengalir ke Kegiatan Partai

Bendahara Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto bersama Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Idrus Marham (kanan) - KOMPAS.com/Indra Akuntono

BANJARMASINPOST.CO.ID - Dugaan adanya aliran dana kegiatan Partai Golkar (Munaslub) dari uang suap PLTU 1 Riau makin menguat.

Meski masih menjadi bola liar, namun perlahan-lahan sejumlah fakta mulai terbuka terkait kasus korupsi yang menyeret mantan Menteri Sosial Idrus Marham itu.

Mantan Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham berpesan agar kader partai yang menerima uang untuk segera menyerahkannya.

Baca: Nyatakan Dukungan ke Jokowi-Maruf Amin di Pilpres 2019, Gubernur Papua Diingatkan Jasa SBY

Penyerahan bisa dilakukan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Idrus khawatir citra partai akan rusak karena digiring isu korupsi.

"Kalau ada kader-kader Golkar yang memang ambil uang, kembalikan. Iya ini kalau cinta Golkar, ya begitu. Jangan jadi polemik, itu tidak bagus," kata Idrus di sela menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Gedung KPK Jakarta, Jumat (7/9/2018).

Sebaliknya, menurut Idrus, apabila tidak ada yang menerima uang hasil korupsi, maka sebaiknya tidak ada yang melontarkan pernyataan menyudutkan partai.

Baca: Pemprov Kalsel Juga Lakukan Penerimaan CPNS 2018, Ini Syarat dan Usulan Formasinya

Menurut Idrus, citra partai sangat berpengaruh pada tahun politik. Idrus berharap partai berlambang pohon beringin itu tidak terus-menerus dirundung isu korupsi.

"Saya sudah bicara kepada pimpinan Golkar hari ini, supaya koordinasikan. Sayang Golkar misalkan nyebut nama-nama Golkar cukup banyak," kata Idrus.

Sebelumnya, Juru Bicara KPK Febri Diansyah membenarkan adanya pengurus Partai Golkar yang menyerahkan uang ke KPK. Penyerahan uang itu dilakukan terkait penyidikan KPK dalam kasus dugaan korupsi pembangunan PLTU 1 Riau yang melibatkan Idrus Marham.

Baca: Hasil Latihan Bebas (FP) 1 MotoGP San Marino 2018 Sirkuit Misano Italia - Dovizioso Tercepat, Rossi?

"Benar. Ada pengurus (partai) yang mengembalikan," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi.

Febri belum menyebut jumlah penyerahan uang dari kader Partai Golkar tersebut. Namun, uang yang diserahkan itu diduga terkait pembiayaan kegiatan partai yang bersumber dari hasil tindak pidana korupsi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Idrus Marham Minta Kader Golkar Serahkan Uang Korupsi ke KPK"

Editor: Rendy Nicko
Sumber: Kompas.com

Wanita Tewas Dalam Lemari Pernah Unggah Foto Bersama Pelaku, Sempat Usir dari Kos sebelum Dibunuh

Berita Populer