Kanal

61 Persen Penyebab Kecelakaan Berkendara Ternyata karena Human Error

Kamis Lantas Polres Banjar, M Tata mempraktekan cara mempersiapkan kendaraan roda dua sebelum dikendarai pada kegiatan sosialisasi Safety Riding, di Terminal Gambut Barakat, Jalan A Yani KM 17, Gambut, Sabtu (8/9). Ia melakukan pengecekan pada ban motor bagian depan untuk standar keselamatan. - Isti Rohayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Dari 2.800 kecelakaan lalu lintas yang menyebkan meninggal dunia, 61 persennya disebabkan oleh manusia. Data itulah yang disampaikan oleh Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XI Provinsi Kalimantan Selatan, Ardono.

Informasi tersebut ia ucapkan ketika membawakan sambutan pada kegiatan sosialisasi safety riding dalam rangka Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2018 di Terminal Gambut Barakat, Jalan A Yani, KM 17, Gambut, Sabtu (8/9/2018).

Ia mengatakan, setiap harinya terjadi 78 kecelakaan yang meninggal di jalan. 61 persen disebabkan oleh manusia, 30 persen jalan dan lingkungan. Serta sembilan persen karena faktor kendaraan.

Baca: Segini Gaji yang Bakal Kamu Terima Bila Jadi PNS pada Penerimaan CPNS 2018, Ini Daftar Gajinya

"Manusia menjadi penyebab kecelakaan yang meninggal maupun luka berat," ungkapnya di panggung acara.

Ia berharap melalui sosialisasi tersebut keselamatan berkendara di jalan akan terwujud. Kemudian target zero accident bisa tercapai.Khususnya melalui pemahaman masyarakat dalam cara berkendara yang baik dan benar, selamat dan mengutamakan pengendara lainnya.

Baca: Gaya Makan Liar Via Vallen di Kamar Hotel Jadi Sorotan, Ada yang Gagal Fokus Lihat Sesuatu

Adapun sasaran kegiatan itu, dikatakan Ardono yakni pelajar berusia 15 hingga 17 tahun. Sehingga peserta merupakan siswa SMA sederajat.

Sedangkan tema kegiatan yakni Sayangi Nyawa #kurangikecepatan.

(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Sumber: Banjarmasin Post

Viral Rumah Bohemian Rapsody di Blitar, Gaya Eropa dan Dianggap Mistis, Lihat Video Penampakannya

Berita Populer