Kanal

Pelajar di Desa Bumijaya Dibekali Pengetahuan Berlalulintas dan Sosialiasi Kampung Tertib Lalulintas

Jajaran Satlantas Polres Tanahlaut menggelar kegiatan Police Go to School di SD dan SMPN di Desa Bumijaya, Kamis (8/9/2018) - ist

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Jajaran Satlantas Polres Tanahlaut menggelar kegiatan Police Go to School di SD dan SMPN di Desa Bumijaya, Kamis (6/9/2018) sekitar pukul 09.30 Wita.

Informasi dihimpun reporter Banjarmasinpost.co.id, kegiatan di sekolah itu berlangsung selama satu jam dalam kondisi lancar.

Selama kegiatan itu, polisi mengenalkan rambu-rambu lalulintas, pengenalan berlalulintas dan tanya jawab rambu lalulintas serta sosialiasi rencana lomba kampung tertib lalulintas.

Desa Bumijaya, Kecamatan  ditunjuk sebagai desa percontohan Polres Tanahlaut dengan nama Kampung Tertib Lalulintas untuk berlomba dengan desa lainnya di 13 Polres jajaran Polda Kalsel. 

Baca: Hasil Kualifikasi MotoGP San Marino 2018 Italia, Lorenzo Pole Position, Marquez ke-5, Rossi?

Baca: LIVE STREAMING Inggris Vs Spanyol UEFA Nations League via Link Live Streaming Supersoccer.tv

Kemudian, isi materinya berkaitan pengetahuan tentang UU No.22 Tahun 2009 tentang himbauan/larangan bagi pelajar sekolah yang belum memiliki SIM.

Imbauan agar tidak menggunakan kendaraan roda dua sendiri dan pengenalan 12 gerakan pengaturan lalulintas.

Kemudian, materi cara aman dan sehat ke sekolah diantaranya diantarkan atau dibonceng sepeda motor oleh orang tua atau orang dewasa.

Tetap menggenakan alat pelindung keselamatan yang baik dan benar (berhelm SNI) saat dibonceng bersepeda motor dan dengan menggunakan sepeda dayung.

Selanjutnya, saat berjalan kaki di jalan tidak bersenda gurau, tidak berjajar terlalu melebar dan cara aman saat akan menyeberang jalan, seperti  membiasakan tengok kiri, tengok kanan dan tengok kiri lagi, dirasa aman, barulah menyeberang jalan.

Dalam sosialiasi Kampung Tertib Lalulintas juga disampaikan tentang keamanan dan ketertiban masyarakat, seperti memanfaatkan waktu luang pelajar di luar jam sekolah dengan kegiatan positif yang bermanfaat.

Baca: Live RCTI! Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia vs Mauritius Ujicoba Jelang Piala AFF 2018

Baca: Jadwal Siaran Langsung Timnas U-16 Indonesia di MNC TV Piala AFC U-16 2018

Mengimbau pelajar agar menghindari penyalahgunaan minuman keras (miras), obat-obat keras dan narkoba di kalangan pelajar, tidak keluar dari lingkungan sekolah pada saat jam istirahat dan jam pulang sekolah sebelum dijemput oleh orang tua, keluarga atau orang yang dikenal.

Kasatlantas Polres Tanahlaut AKP Lalu Ryan Aditya dikonfirmasi, Sabtu (8/9/2018) mengatakan tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan itu adalah kedepannya, pelajar dapat menjadi masyarakat yang komunikatif, dekat dengan petugas Kepolisian (Polri), menjadi masyarakat yang taat dan patuh hukum.

"Kemudian, diharapkan pelajar dapat menjadi pelopor keselamatan berlalulintas, pelajar menjadi generasi penerus bangsa yang terhindar dari ancaman bahaya penyalahgunaan miras, obat-obat keras dan narkotika," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Banjarmasin Post

Kronologi Polisi Gadungan Perkosa Siswi SMK di Hadapan Pacar, Berawal Kepergok Mesum di Warnet

Berita Populer