Kanal

Direktur PT Sebuku Henry Akui Selama Ini Transaksi Ekspor Pakai Bank Nasional

Aktivitas pertambangan batu bara - kontan

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mewajibkan seluruh pelaku industri mineral dan batu bara (minerba) melakukan transaksi hasil ekspor dengan menggunakan rekening bank domestik.

Hal itu dilakukan untuk mengembalikan seluruh hasil penjualannya ke dalam negeri sekaligus memperkuat devisa negara.

Kebijakan tersebut mulai diterapkan sejak tanggal 5 September 2018 yang diatur dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 1952 /84/MEM/2018 tentang Penggunaan Perbankan di Dalam Negeri atau Cabang Perbankan Indonesia di Luar Negeri untuk Penjualan Mineral dan Batu Bara ke Luar Negeri.

Menanggapi hal itu, Direktur Operasional PT Sebuku Group, Henry Yulianto sepertinya tidak mempersoalkan diterapkanya kebijakan baru dikeluarkan Kementerian ESDM.

Baca: Ini Amalan Sunnah Bulan Muharram yang Bisa Dikerjakan Jelang Tahun Baru Islam 2018

Baca: Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun Hijriyah, Tahun Baru Islam 2018: 1 Muharram 1440 H

Baca: Billy Syahputra dan Hilda Vitria Siapkan Balasan Untuk Kriss Hatta Usai Video Viral Hal Pribadi

Kebijakan Kementerian ESDM mewajibkan seluruh pelaku industri minerba, tidak kecuali di Kabupaten Kotabaru. Menurut dia, wajar karena sebagai pengontrol devisa negara.

"Tujuan pemerintah kan untuk mengontrol devisa," ujar Henry kepada banjarmasinpost.co.id, melalui telepon genggamnya, Senin (10/9/2018).

Ia juga menilai positif penerapan kebijakan baru oleh pemerintah, agar jangan sampai salah digunakan.

Masih menurut Henry, terkait kebijakan tersebut bukan hal yang baru. Karena semua pelaku industri minerba melakukan tranksaksi dengan memakai bank nasional.

"Memang saya tidak berkecimpung di sini, karena bagiannya keuangan. Tapi selama ini kami (PT Sebuku Group) transaksi pakai bank nasional (pemerintah). Memang ada yang menggunakan bank lainnya," pungkasnya dengan nada bertanya balik.

(Banjarmasinpost.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Banjarmasin Post

Video Mesumnya Diputar di Kelas dan Tersebar, Siswi Berprestasi di Karawang Terpaksa Pindah Sekolah

Berita Populer