Kanal

PDAM HSU Bantu Warga Dapatkan Air Bersih, Usulkan Sambungan Baru ke Pusat

Bupati HSU Abdul Wahid melakukan sidak Sungai Begara, yang merupakan sumber air baku PDAM Amuntai, HSU beberapa waktu lalu. - banjarmasinpost.co.id

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) setiap tahun memiliki program untuk membantu warga kurang mampu dalam mendapatkan air bersih.

Dan kali ini akan kembali mengusulkan bantuan pemasangan sambungan gratis air bersih begi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) pada tahun 2019 mendatang kepada pemerintah pusat.

Dengan adanya usulan tersebut diharapkan masyarakat berpenghasilan rendah dapat terlayani sambungan air bersih. Sebelumnya PDAM HSU telah mendapatkan bantuan sambungan rumah bagi untuk warga berpenghasilan rendah yang mulai dipasang pada tahun ini sebanyak kurang lebih 940.

"Nanti kita akan usulkan lagi pada 2019 dan halbini telah disampaikan kepasa masyarakat." ungkap Plt Direktur PDAM HSU Ir Masrani.

Baca: NEWSVIDEO : Pawai Taaruf MTsN 3 Banjarmasin Sambut Tahun Baru Islam

Baca: Komite SMKN 4 Gelar Rapat Soal Sumbangan Sukarela, Begini Tanggapan Orangtua Siswa

Baca: 25 Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 2018, 1 Muharram 1440 Untuk Status Faceboo, Twitter, dan Whatsapp

Baca: UPTD Kebersihan Batola Targetkan Bangun TPST3R di Tujuh Kecamatan

Pada tahun 2019 pihaknya akan memasang sambungan bagi warga berpenghasilan rendah sebanyak 940 yang dibantu dari pemerintah pusat berdasarkan usulan yang disampaikan.

"Bantuan ini sangat membantu terlayaninya warga berpenghasilan rendah dalam pemasangan sambungan air bersih" katanya.

Terkait dengan usulan selanjutnya ini, pihak PDAM akan melakukan pendataan warga masyarakat sesuai dengan kreteria untuk dilakukan verikasi. Pihak PDAM bersyukur adanya bantuan ini, karena tidak semua kabupaten akan mendapatkan bantuan ini.

"Target seluruh warga berpenghasilan rendah dapat merasakan program ini," ujar Masrani.

Baca: Rapat Komite di SMKN 4, Undangan 400, Hanya 93 Orangtua yang Berhadir, Hal Ini Penyebabnya

Baca: 45 Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah, Cocok Untuk Whatsapp, Facebook, Twitter

Baca: 328 Formasi CPNS di Pemprov Kalsel, Terbanyak Formasi Guru Pendidikan 212 Orang

Baca: Polsek Lampihong Amankan Tablig Akbar Sambut Tahun Baru Islam di Desa Tanah Habang Kiri

Sebagian warga HSU memang masih ada yang menggunakan air tanah dari sungai atau sumur untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dengan adanya program ini diharapkan semakin banyak waega yang bosa mengankses air bersih.

Rahman salahsatu warga Desa Pondok Babaris mengatakan saat ini warga masih banyak yang menggunakan air pompa yang telah ada puluhan tahun lalu. Namun bersyukur karena dari Dinas Pekerjaan Umum juga memiliki program Pamsimas yang juga membantu warga dalam mendapatkan air bersih. "Sekarang pakai air dari program Pamsimas, sudah tidak pakai air sungai lagi," ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id/Nia)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Banjarmasin Post

Kronologi Lengkap Mahasiswi Dibunuh Pacar di Aceh, Diajak Jalan hingga Pelaku Kabur ke Rumah Ipar

Berita Populer