Kanal

Ketentuan Penerimaan CPNS 2018 di Pemprov Kalsel, Ada 137 Formasi di Pemkab Tapin

Pelamar CPNS Pemprov Kaltara menunggu antrean pendaftaran di Kantor BKD Kaltara di Jalan Durian Tanjung Selor, September 2017. - tribun kaltim

BANJARMASINPOST.COID, RANTAU - Titik terang penerimaan dan pengumuman Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 akan segera dilaksanakan.

Sebab jatah formasi CPNS sudah terbit masing-masing daerah, seperti di Kabupaten Tapin mendapat 137 formasi CPNS, formasinya untuk pendidikan, kesehatan dan teknis.

Kepala Bidang Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tapin, H Indrayani membenarkan Tapin sudah dapat formasi CPNS sejumlah 137 orang.

"Formasinya pendidikan, kesehatan dan teknis. Formasi itu berasal dari kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi," jelas H Indra kepada BPost online, Senin (10/9/2018).

Baca: Syarat Ini Harus Dipenuhi Jelang Penerimaan CPNS 2018, Pendaftaran CPNS Hanya di sscn.bkn.go.id

Baca: Hotman Paris Menangis Usai Bebaskan Anak Wanita Asal Banjarmasin yang Dijaga 4 Oknum Brimob

Namun H Indrayani belum bisa memastikan pengumuman penerimaan CPNS tersebut. "Kemungkinan akhir September," jelasnya.

Syarat dari Pemprov Kalsel 

Penerimaan CPNS 2018 di Kalsel tahun ini masih menyisakan pertanyaan dari masyarakat. Mulai dari syarat hingga ketentuan pendaftaran dan pembuatan SKCK.

Kepala BKD Kalsel Perkasa Alam mengatakan yang kini perlu disiapkan adalah kartu keluarga.

Jika tidak memiliki kartu keluarga maka tertolak sistem. Selain itu persiapan berkas-berkas data diri juga harus disiapkan.

Baca: Jadwal Siaran langsung RCTI (Live) Timnas Indonesia vs Mauritius Hari Ini Selasa (11/9/2018)

Baca: Terbaru! Kasus Campak di Banjarbaru Bertambah, Kadinkes : Dirawat di Poltekes Banjarmasin

Situs resmi penerimaan CPNS 2018, sscn.bkn.go.id (tribunlampung.com)

Selain itu pendaftar hanya bisa memilih satu posisi di satu daerah, misalnya di Pemprov Kalsel saja atau Pemko Banjarbaru saja.

Sementara terkait SKCK yang kini sudah mulai ramai warga yang ingin mendaftar CPNS datang ke Polres untuk membuat SKCK ditolak oleh kepolisian terangnya memang belum ada aturan untuk menyertakan SKCK.

"Kepolisian mungkin masih menolak karena belum ada keterangan resmi apakah harus disertakan SKCK atau tidak, kalau tidak kan sia-sia membuat, karena didalamnya sudah tertulis SKCK untuk mengikuti CPNS," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Selasa (11/09/2018).

Baca: Addie MS Ungkap Kedekatan Bripda Puput dengan Veronica Tan, Ahok Bergurau Menikah

Sementara faktanya di Pemprov, Pemkab dan Pemko di Kalsel mulai menyatakan akreditasi untuk pendaftar CPNS boleh apa saja alias, boleh akreditasi A, B atau C. Kecuali yang mengikuti program cumlaude harus terdaftar di perguruan tinggi terakreditasi A, dan program studi terakreditasi A.

Terkait IPK, meski belum diumunkan secara resmi namun Pemprov Kalsel jelas Perkasa cenderung menetapkan IPK minimal 2,50. Begitu juga dengan Pemko Banjarbaru yang cenderung menetapkan IPK 2,50 untuk pelamar.

(banjarmasinpost/ibrahim ashabirin/milna sari)

Penulis: Ibrahim Ashabirin
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Bangka Pos

Viral Rumah Bohemian Rapsody di Blitar, Gaya Eropa dan Dianggap Mistis, Lihat Video Penampakannya

Berita Populer