Kanal

Warga Jelapat I Batola Tak Mampu Bayar Pemasangan PDAM

Sekretaris Desa Jelapat I, Kabupaten Batola, Sahriani - banjarmasin post group/ edi nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Warga Desa Jelapat I, Kecamatan Tamban, Kabupaten Batola, saat ini belum mampu membayar biaya pemasangan PDAM hingga jutaan rupiah sehingga memutuskan untuk memakai air sungai untuk kehidupan sehari-hari.

“Kalau ditawari pemasangan sambungan PDAM jelas tak mampu. Untuk makan sehari-hari saja, warga susah. Apalagi, untuk membayar biaya beban pemakaian PDAM per bulan atau membayar biaya pemasangan sambungan baru,” Sekretaris Desa Jelapat I, Kabupaten Batola, Sahriani, Selasa (11/9//18).

Menurut Sahriani, saat ini warga Jelapat I tak masalah menggukaan air sungai untuk kehidupan sehari-hari.

Baca: Syarat Ini Harus Dipenuhi Jelang Penerimaan CPNS 2018, Pendaftaran CPNS Hanya di sscn.bkn.go.id

Baca: Tips Sukses Jelang Penerimaan CPNS 2018 dari Kementerian BUMN, Ini Formasinya

Di sisi lain, perusahaan daerah air minum (PDAM) Kabupaten Batola mengusulkan akan melayani sebanyak 2.000 pelanggan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dari usulan PDAM Kabupaten Batola itu telah disetujui Kementrian Pekerjaan Umum Pekerjaaan Rakyat (PUPR) dan kini dalam tahap pemasangan jaringan untuk pelangggan MBR.

“Iya kita saat ini kami dalam tahap pemasangan sebanyak 2.000 pelanggan MBR untuk warga Batola,” kata Kasubag Umum PDAM Batola, Sadono.

Baca: Jadwal Siaran langsung RCTI (Live) Timnas Indonesia vs Mauritius Hari Ini Selasa (11/9/2018)

Menurut Sadono, untuk pelanggaran secara keselurahan PDAM itu mencapai 24 ribu pelanggan dan itu tersebar di 15 cabang dan unit-unit. PDAM akan terus menambah sambungan PDAM baru, seperti di kawasan Kecamatan Alalak sendiri belum sepenuhnya terlayani.

Ditambahkannya, begitu juga untuk kawasan Marabahan Kabupaten juga belum sepenuhnya terlayani sentuhan air PDAM. Namun seiring dengan penambahan jaringan, maka diharapkan semua warga akan terlayani air leding.

Baca: Hotman Paris Menangis Usai Bebaskan Anak Wanita Asal Banjarmasin yang Dijaga 4 Oknum Brimob

Baca: Addie MS Ungkap Kedekatan Bripda Puput dengan Veronica Tan, Ahok Bergurau Menikah

Dijelaskannya, saat ini PDAM Batola tengah menyempurnakan keberadaaan cabang PDAM di Alalak sehingga nanti diharapkan pelayanan PDAM di kawasan Berangas dan Mandastana akan lebih baik.

Lebih jelas Sadono menyatakan untuk 2.000 pelanggan MBR masih dalam tahap proses pelaksanaaan. Diperkirakan Oktober semua pasangan jaringan pipa untuk pelanggan MBR ini akan tuntas. (banjarmasinpost.co.id/Edi Nugroho).

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Banjarmasin Post

Viral Reaksi Ketum PSSI Edy Rahmayadi Menutup Wawancara Sepihak, soal Insiden Tewasnya The Jak Mania

Berita Populer