Kanal

Dandim Martapura Keluhkan Sarana yang Terbatas Atasi Kebakaran Lahan

Lokasi Hot Spot II Guntung Damar RT 12/6 Kelurahan Guntung Payung Kecamatan Landasan Ulin - Istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kabut asap akibat kebakaran lahan jadi perhatian serius Dandim 1006 Martapura Letkol Inf Muchammad Ghoffar Ngismangil.

Dirinya saat berada lokasi Hot Spot II Guntung Damar RT 12/6 Kelurahan Guntung Payung Kecamatan Landasan Ulin menyatakan, untuk penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan di dua Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru pihaknya bersama BPBD, Tahanan dan Pemerintah Daerah serta Kepolisian sudah maksimal dengan baik.

Justru saat kelapangan sangat kekurangan sarana dan prasarana, sehingga menjadi hambatan pada saat melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan.

Dandim juga mengakui, selain sarana dan prasarana, masalah luasnya lahan juga merupakan pekerjaan yang sangat memakan waktu jika ada hots spot yang tidak terjangkau. Padahal sasaran di Kabupaten Kota sangat luas.

“Ketika terjadi Karhutla, rata-rata lokasi titik api sangat jauh dari pemukiman masyarakat itu sendiri,” katanya, Rabu (12/9).

Baca: Jadwal & Live Streaming Japan Open 2018, Kamis (13/9), Marcus/Kevin vs Rekan Pelatnas di 16 besar

Baca: Klasemen Liga 1 2018 Rabu (12/9) : Bhayangkara FC Geser Persib, Persija Menang Dramatis

Baca: Najwa Shihab Bongkar Pesta Narkoba di Penjara Salemba di Trans7, Ada Video Pengakuan Napi

Baca: Cuplikan Gol Borneo FC vs Persija Jakarta Liga 1 2018 : Novri Cetak Gol di Injury Time

Dirinya berharap, semua harus mendukung, baik sarana-prasarana itu sendiri. Ini semua perlu dukungan oleh Pemerintah, sedangkan pihaknya hanya bisa melakukan pemadaman dengan alat manual, untuk melakukan pemadaman titik api kebakaran hutan dan lingkungan. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Sumber: Banjarmasin Post

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer