Kanal

Diskominfo HSU Upayakan Segera Tarik Retribusi Menara Komunikasi, Akan Koordinasi Pusat

Ilustrasi menara BTS - net

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika masih terus berupaya agar menara komunasi yang ada di Kabupaten HSU segera diberlakukan retribusi.

Hal ini dilakukan mengingat Peraturan Daerah mengenai menara komunikasi juga telah disahkan. Kepala Dinas Kominfo Adi Lesmana mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan pendataan ulang terhadap pemilik menara komunikasi. 

Baca: Gus Miftah Pimpin Sholawat Badar di Klub Malam, Ini Cerita di Balik Video Viral yang Beredar

Adi Lesmana menambahkan pemilik menara komunikasi ada yang berubah pengguna. Sehingga pihaknya perlu melakukan pendataan ulang secara berkala. Agar retribusi dikenakan kepada pengguna menara komunikasi saat ini. 

Jumlah menara komunikasi yang ada di Kabupaten HSU berjumlah 52 menara, satu diantaranya menara yang dibangun pada rooftop.  Besaran retribusi mengacu pada Perda karena penghitungan setiap menara berbeda. Pemberlakuan retribusi juga disesuaikan dengan jarak dan jenis menara.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming Japan Open 2018, Marcus/Kevin vs Rusia

Baca: Link Live Streaming Borneo FC vs Persija di Indosiar & Vidio.com, Pekan 21 Liga 1 Mulai 18.30 WIB

Baca: Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id, Segini Gaji Jika Lulus CPNS, Bisa Sampai Rp 39,3 Juta!

Baca: Syarat Wajib untuk Jabatan Khusus Jelang Penerimaan CPNS 2018, Pendaftaran Hanya di sscn.bkn.go.id

Rata rata retribusi menara  komunikasibpertahun sekitar Rp 1,5 juta pertahun. "Setelah data sesuai akan diajukan menjadi Peraturan Bupati," ujarnya.

Saat Perbup telah disahkan barulah retribusi menara dapat dimasukkan dalam daftar Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pihaknya juga telah membentuk kesepakatan kepada para pemilik menara. Dimana jika terjadi pemindahan penggunaan menara komunikasi wajib melapor. 

"Kami akan melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dan memastikan pihak mana saja yang bertanggung jawab dalam pembayaran retribusi menara," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/nia)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Banjarmasin Post

Video Viral Jokowi Hormat Sendiri saat Indonesia Raya Berkumandang, Begini Menurut Undang-undang

Berita Populer