Kanal

Jutaan Warga Amerika Diminta Mengungsi Karena Ancaman Badai, Cooper : Seperti Monster

Ilustrasi badai - bmkg pusat

BANJARMASINPOST.CO.ID - Lebih dari 1 juta penduduk harus menghadapi pilihan antara tinggal di rumah menghadapi terjangan badai, atau berjibaku dengan lalu lintas yang padat untuk berkendara guna menyelamatkan diri.

Ya, peringatan badai kategori 4 dikeluarkan Otoritas Amerika Serikat Selasa (11/9/2018).

Sebagai informasi, setiap badai kategori 3, 4 atau 5 diklasifikasikan sebagai badai besar.

Baca: Syarat Wajib untuk Jabatan Khusus Jelang Penerimaan CPNS 2018, Pendaftaran Hanya di sscn.bkn.go.id

Baca: Reaksi Ustadz Abdul Somad Jawab Kecurigaan GP Ansor, Hingga Angkat Kaki

CNN mewartakan, badai Florence berpeluang memiliki kecepatan angin tinggi ditambah curah hujan lebat sehingga dapat menyebabkan kerusakan besar di sebagian wilayah AS bagian tenggara dan Atlantik tengah.

Meski perintah evakuasi diwajibkan bagi penduduk pesisir Carolina Utara, Carolina Selatan, dan Virginia, masih banyak penduduk yang belum memutuskan untuk pergi.

Citra satelit NOAA / RAMMB ini diambil pada pukul 11:45 UTC pada Senin (10/9/2018), menunjukkan Badai Florence di lepas pantai timur Amerika Serikat di Samudra Atlantik. (istimewa/ (AFP))

Tim Terman dan istrinya tinggal di Southport, dekat Bald Head Island, Carolina Utara, belum juga meninggalkan kediamannya.

"Begitu Anda pergi, bakal sulit kembali untuk memeriksa kerusakan," katanya.

Baca: Ustadz Abdul Somad Buka-bukaan Kronologi Dugaan Intimidasi yang Berujung Batal Ceramah

Baca: Jadwal & Live Streaming Japan Open 2018, Hari Ini Rabu (12/9/2018), Marcus Gideon-Kevin Sanjaya Main

Terman mengatakan, istrinya sudah memiliki rencana mengungsi. Sementara, dia akan mengambil keputusan terakhirnya pada Rabu (12/9/2018).

Hingga Selasa pukul 17.00 waktu setempat, Pusat Badai Nasional mengeluarkan peringatan badai di wilayah pesisir Selatan dan Carolina Utara karena badai berkecepatan 225 km/jam makin mendekat ke arah pantai.

"Badai ini merupakan monster. Besar dan ganas," kata Gubernur Carolina Utara Roy Cooper, seperti dikutip dari USA Today.

"Ini bukan badai yang harus dihadapi masyarakat. Ini merupakan badai bersejarah yang mungkin berlangsung sekali seumur hidup," ucapnya.

Baca: Jawaban Cak Nun Soal Pilih Prabowo-Sandiaga Uno Atau Joko Widodo-Maruf Amin di Pilpres 2019

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga 1 2018, Rabu (12/9), Borneo FC vs Persija, PSMS vs PSIS Live Indosiar

Melansir AFP, Gubernur Carolina Selatan Hery McMaster sebelumnya telah memerintahkan evakuasi wajib bagi penduduk. Sekolah di 26 dari 46 county negara bagian telah diinstruksikan untuk tutup.

Di Virginia, 245.000 penduduk pesisir diminta segera mengungsi termasuk warga dari Pesisir Timur, dan destinasi wisata pantai populer lainnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ancaman Badai Florence, 1 Juta Penduduk AS Diminta Segera Mengungsi"

Editor: Rendy Nicko
Sumber: Kompas.com

Kronologi Lengkap Mahasiswi Dibunuh Pacar di Aceh, Diajak Jalan hingga Pelaku Kabur ke Rumah Ipar

Berita Populer