Kanal

Siswa SIT Al Khair Ini Punguti Sampah di Rute Kegiatan Pawai Menyambut Muharram

Siswa siswi SDIT Al KHair memunguti sampah di lapangan Dwiwarna Barabai - istimewa

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Ada hal berbeda yang dilakukan para siswa-siswi Sekolah Islam Terpadu Al Khair, saat menyambut tahun baru Islam, 1 Muharram 1440 Hijriah yang dilaksanakan Selasa 11 September 2018.

Anak-anak SIT yang menjadi salah satu peserta pawai tersebut dibekali guru kantong kresek. Jdi sambil ikutan karnaval, mereka memunguti sampah di sepanjang rute pawai, mulai start di jalan depan Kantor Bupati HST, hingg finish di tempat yang sama.

Baca: Kekasih Deddy Corbuzier, Sabrina Chairunnisa Sindir Kriss Hatta Soal Hajar Hilda Vitria

Tak hanya anak-anak yang bawa kantong kresek, tapi juga para guru mereka. Mereka juga memunguti sampah di lapangan Dwiwarna, setelah istirahat dari pawai. Ketua rombongan SDIT Al Khair Barabai, Sofyan Cahyadi, Rabu (12/9/2018), menjelaskan, kegiatan siswa mengikuti karnaval sambil memungiti sampah di sepanjang rute dan lapangan Dwiwarna tempat para peserta kembali berkumpul, merupakan wujud kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

“Sekaligus menanamkan kesadaran mereka menjaga lingkungan, sekaligus memberi contoh kepada masyarakat HST, bahwa kebersihan itu tanggungjawab bersama yang dimulai dari individu, keluarga, hingga lingkungan sekitar dan tempat dimanpun kita berada,”kata Sofyan. SIT Alkhair juga menjadi salah satu peseserta terbanyak.

Baca: Ashanty Sedang Usil, Dandani Aurel Mirip Krisdayanti, Warganet Mengira KD, Mirip Banget!

Baca: Hasil Japan Open 2018, Marcus/Kevin Susul 4 Wakil Ganda Putra Indonesia di Babak 16 Besar

Baca: Link Live Streaming Indosiar & Vidio.com Borneo FC Vs Persija Jakarta jam 18.30 WIB, Sarat Dendam!

Pada saat pawai, murid-murid SD tersebut bermain peran sebagai tokoh negeri, seperti pemimpin negara, ustand/ustazah,pemuka adat dan lain-lain. Merekapun mengenakan kostum sesuai tokoh yang diperankan. “Mengapa kami hadirkan tema tersebut di barisan pawai di antara peserta lainnya, karena kami ingin mensyiarkan jijrah dengan pesan, menguatkan persatuan dan kesatuan serta keutuhan NKRI,”kata Sofyan.

Dijelaskan, selain pawai, para siswa mereka juga menggalang dana bantuan untuk saudara korban bencana alam di Lombok, serta korban kebakaran di Desa Haruyan Seberang Diana ada empat keluarga yang kehilangan tempat tinggal. SDIT Al KHair pada kegiatan pawai yang diselenggarakan Pemkab HST itu meraih juara ke II.

Baca: Pendaftaran CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id, Segini Gaji Jika Lulus CPNS, Bisa Sampai Rp 39,3 Juta!

Baca: Penerimaan CPNS 2018 Pemkab Tanahbumbu Dijatah 201 Formasi, Daftar Hanya di sscn.bkn.go.id.

Baca: Diego Simeone Mengaku Tak Akan Pernah Melatih Anaknya Sendiri Giovanni Simeon

Karnaval  dengan berpawai keliling kota Barabai tersebut lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Plt Bupati HST Chairansyah mengatakan, penyambutan tahun baru Islam, dengan melibatkan anak-anak sangat relevan. DIharapkan, sejak masa anak-anak, mereka mengetahui tentang sejarah tahun baru Islam, serta sejarah perjuangan Nabi Besar Muhammad SAW, hingga hijrahnya rasul ke kota Madinah. Termasuk pesan-pesan dan ajaran yang dibawa Rasulullah. (banjarmasinpost.co.id/hanani)  

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Banjarmasin Post

Beredar Isi Percakapan Asusila Kepsek SMAN 7 Mataram yang Menyeret Baiq Nuril

Berita Populer