Breaking News:

Desa Termiskin di Bali Dapat Satu Miliar Rupiah

Meski terkenal dengan Pulau Surga Dunia, 82 desa masih tergolong termiskin dari 706 desa yang ada di Bali. Gubernur Bali Made Mangku Pastika pun kembali menggelontorkan program pengentasan kemiskinan bernama Gerakan Pembangunan Desa Mandara.

BANJARMASINPOST.CO.ID, DENPASAR  - Meski terkenal dengan Pulau Surga Dunia, 82 desa masih tergolong termiskin dari 706 desa yang ada di Bali. Gubernur Bali Made Mangku Pastika pun kembali menggelontorkan program pengentasan kemiskinan bernama Gerakan Pembangunan Desa Mandara.


"Kami anggarkan satu miliar rupiah untuk satu desa termiskin itu," tegas Pastika, Rabu (18/1/2012)

Ia menjelaskan, anggaran itu murni untuk desa tanpa ada penyunatan lagi. Petugas pendamping hingga kepala desa mendapatkan biaya operasional tersendiri.

Ia memerintahkan seluruh dinas-dinasnya terlibat dan berupaya mengajak kabupaten/kota untuk berintegrasi. Harapannya, angka kemiskinan di Bali bisa di bawah satu persen lima tahun ke depan. saat ini angka kemiskinan masih sekitar 4 persen dari total penduduknya 3,9 juta jiwa.

Pastika mengakui banyak program pengentasan kemiskinan sekitar 40 program baik dari pusat maupun daerah. Provinsi sendiri memiliki program bedah rumah untuk si rumah miskin hingga simantri. "Itu ternyata belum cukup. buktinya, tiga tahun berjalan masih ada yang miskin," katanya.

 
 
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved