Breaking News:

Sampah Diolah untuk Penerangan TPA

Sampah basah yang sekian lama menumpuk ternyata telah menjadi biogas, bahkan sekarang mampu menjadi bahan bakar penerangan

Penulis: Salmah | Editor: Halmien
banjarmasinpot.co.id/salmah
Pelatihan penanganan limbah sampah, Kamis (13/3/2014). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Keberadaan tumpukan sampah yang setiap hari menggunung di Tempat Pembuang Akhir (TPA) Basirih, ternyata sangat berhasil guna. Pasalnya Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Banjarmasin memanfaatkan sebagai bahan bakar.

Sampah basah yang sekian lama menumpuk ternyata telah menjadi biogas, bahkan sekarang mampu menjadi bahan bakar penerangan di wilayah TPA dan juga menjadi bahan bakar kompor gas untuk memasak.

Mukhyar, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Banjarmasin, menyatakan, sampah-sampah basah yang menumpuk di TPA telah mereka olah menjadi biogas yang sangat bermanfaat untuk penerangan listrik dan juga dijadikan sebagai bahan bakar untuk menyalakan kompor gas.

Sementara ini kemampuan biogas dari sampah tersebut, ungkap Mukhyar, sudah mampu untuk menyalakan empat buah lampu dengan daya masing-masih 250 watt/buah.

"Sejak hari Minggu (16/3) malam sudah ada empat tiang lampu yang difungsikan, cukup menjadi alat penerangan di wilayah TPA," tandasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved