Lagi, Koleksi Busana ZARA Diprotes Publik!

Beberapa waktu lalu, label ritel ZARA sempat mendulang kecaman di ranah media sosial, akibat kaus putih bertuliskan “White is the new black”.

Lagi, Koleksi Busana ZARA Diprotes Publik!
MASHABLE
Koleksi kaus lelaki bermotif garis-garis dari Zara dikecam oleh publik 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Beberapa waktu lalu, label ritel ZARA sempat mendulang kecaman di ranah media sosial, akibat kaus putih bertuliskan “White is the new black”.  Kaus ini dianggap mengandung pesan sarat isu sara yang provokatif.  Alhasil, merek mode asal Spanyol ini harus menarik seluruh produk terkait dari pasaran.

Koleksi ZARA yang kembali menuai kecaman saat ini adalah kaus untuk anak-anak lelaki, bermotif garis-garis dengan perpaduan warna hitam putih, dengan tambahan aksesori tempel berupa bintang warna kuning.

Seperti dikutip Mashable, kaus ini dianggap mirip seperti baju tahanan di kamp konsentrasi Nazi. Lalu, gambar bintang kuning tersebut jika dilihat dari jarak dekat menyerupai lencana Sheriff di Amerika Serikat. Namun, saat dilihat dari dekat seperti emblem yang dibuat sebagai tanda para tahanan Yahudi di kamp konsentrasi pada Perang Dunia II.

“Merancang koleksi untuk anak-anak yang mirip dengan baju tahanan Yahudi di kamp konsentrasi Nazi. Sebelumnya, kalian juga melakukan penghinaan dengan menempatkan lambang swastika pada koleksi tas. Dua kejadian ini memperlihatkan betapa kelalaian ZARA seperti disengaja,” tulis Danielle Fraenkel, salah satu pengguna Facebook dari Rochester, New York.

Kecaman dan protes lainnya terus bergulir di linimasa Twitter dan Facebook mengenai sikap minim empati yang diperlihatkan ZARA. Sebagai tanggapan, lagi-lagi, ZARA harus menarik produknya dari pasaran. Selain itu, mereka juga merilis pernyataan maaf di akun resmi Twitter.
 

Tags
label ZARA
Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved