Gadis "Berkaki" Bola Basket Ini Berenang seperti Torpedo

Qian Hongyan masih berumur empat tahun ketika kehilangan kedua kakinya. Dia harus diamputasi karena terlindas mobil pada tahun 2000.

Gadis
CHINA DAILY/ASIA NEWS NETWORK
Perenang Tiongkok, Qian Hongyan (tengah), berdiri dengan alat bantu, Sabtu (30/8/2014). 

BANJARMASINPOST.CO.ID — Qian Hongyan masih berumur empat tahun ketika kehilangan kedua kakinya. Dia harus diamputasi karena terlindas mobil pada tahun 2000.

Supaya bisa tetap bergerak sendiri, sang kakek memasangkan bola basket yang sudah dibelah di bawah badannya sebagai "kaki". Sejak itu, Qian dijuluki "gadis bola basket".

Meski tak memiliki kaki, Qian tak lantas putus asa. Dia tetap punya cita-cita tinggi. Pada 2007, dia memulai karier sebagai perenang profesional. Dia adalah salah satu anggota pertama di Yunnan Youth Swimming Club. Ketika itu pelatihnya berpikir bahwa Qian tak akan bisa berprestasi lebih jauh.

"Kekuatan fisik sangat dibutuhkan oleh seorang atlet. Qian mendapat amputasi tingkat tinggi, yang jarang terjadi. Dia tidak punya kaki, ibarat perahu tanpa kemudi. Dia bisa dengan mudah kehilangan arah, yang akan memengaruhi kecepatannya di air," kata pelatihnya.

Kini, setelah berusia 18 tahun, gadis kelahiran Luliang ini telah menjadi juara renang. Dengan keterbatasan fisiknya, dia bisa meluncur cepat di air seperti torpedo.

Dia meraih tiga medali emas pada Yunnan Para Games 2013. Sebelumnya, dia meraih satu medali emas dan dua perak pada Kejuaraan Renang Nasional untuk para disabilitas U-19 pada 2009.

Qian masih punya banyak mimpi. Suatu hari, dia ingin meraih medali emas olimpiade.

Tags
kaki palsu
Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved