Koalisi dan Kesehatan Pemerintah

Koalisi adalah salah satu istilah dalam politik yang sangat sering disebut beberapa hari belakangan ini

Koalisi dan Kesehatan Pemerintah
Rifqinizamy Karsayuda

Oleh: Rifqinizamy Karsayuda

Koalisi adalah salah satu istilah dalam politik yang sangat sering disebut beberapa hari belakangan ini. Khususnya menjelang dan setelah Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 ini.

Koalisi kerap dimaknai sebagai kerjasama atau kemitraan beberapa partai politik untuk mengikuti pemilu atau membentuk pemerintahan.

Padahal koalisi sendiri sesungguhnya tradisi yang berakar di negara-negara yang menganut sistem pemerintahan parlementer. Pada sistem pemerintahan itu, partai-partai berkepentingan untuk meraih kursi terbanyak di parlemen.

Penguasaan mayoritas kursi parlemen akan mengantarkan partai politik tertentu membentuk pemerintahan eksekutif yang diawali dengan pengangkatan seorang perdana menteri oleh parlemen.

Di banyak negara yang menganut sistem parlementer yang multi-partai, tak jarang ditemui parpol yang suaranya dapat menjadi mayoritas di parlemen atau single majority party.

Ketiadaan single majority party itu membuat parpol-parpol yang jumlahnya cukup banyak itu untuk melakukan koalisi. Biasanya koalisi dibangun sebelum pemilu digelar. Koalisi parpol-parpol itulah yang kemudian mengakumulasikan suara hingga dapat menjadi kumpulan suara yang signifikan.  

Tak jarang dalam negara parlementer itu, koalisi parpol terkutub hanya pada dua buah koalisi. Satu koalisi menjadi pemerintah, sementara yang lain menjadi oposisi.

Keberadaan Barisan Nasional yang dimotori oleh UMNO dan Barisan Rakyat yang dimotori Partai Keadilan yang dipimpin Anwar Ibrahim di Malaysia adalah contoh konkrit dari keduanya.

Kini kita punya Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Keduanya mengusung pasangan capres-cawapres yang berbeda pada saat Pilpres 2014 lalu.

Halaman
123
Editor: Dheny Irwan Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved