Breaking News:

TPS Tidak Tersedia di Perumahan

Seiring banyaknya pembangunan perumahan di beberapa kawasan di kota ini, Pemko Banjarmasin melalui

Penulis: Salmah | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/salmah
TPS di kawasan Jalan Veteran, Banjarmasin. Keberadaan TPS di perumahan, sangat penting untuk mempermudah warga membuang sampah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Seiring banyaknya pembangunan perumahan di beberapa kawasan di kota ini, Pemko Banjarmasin melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan menyaratkan kepada pihak developer atau pengembang untuk menyediakan TPS saat proses pembangunan kompleks.

Kenyataannya, masih banyak kompleks perumahan yang tidak dilengkapi TPS maupun lahan atau lokasi yang akan dijadikan TPS. Akibatnya pembuangan sampah menjadi masalah di kawasan bersangkutan.

Diungkapkan Mukhyar, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Banjarmasin, syarat bahwa kompleks perumahan harus disediakan fasum (fasilitas umum) berupa TPS, ternyata tidak ada disediakan.

"Semestinya pengembang memenuhi syarat itu. Sediakan lahan, tidak perlu besar, secukupnya TPS, kemudian kami yang membangun. Tapi ini tidak ada, sementara para penghuni kompleks perlu tempat membuang sampah," ujarnya.

Karena itu para pengembang diimbay saat membangun kompleks menyediakan lahan untuk TPS. Taruh papan informasi di lahan tersebut bahwa di situ akan dibangun TPS atau TPST. Supaya calon penghuni memahami.

"Ukuran TPS, terang Mukhyar, cukup 3x5 atau 4x5 meter persegi, jalannya harus mudah dilintasi angkutan sampah berupa truk atau minimal mobil pikap," tandas Mukhyar.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved