Ingin Lebih dari Sekadar Teman? Tak Ada Salahnya

Namun, akan susah bila Anda menginginkan hubungan percintaan dengan teman, tapi Anda tidak tahu apakah dia juga

Ingin Lebih dari Sekadar Teman? Tak Ada Salahnya
intisari online
ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Ada banyak anggapan yang meyakini bahwa hubungan percintaan sukses berawal dari persahabatan. Bahkan, survei teranyar menemukan 40 persen dari 2.373 responden berusia 18 sampai 34 tahun menyatakan mereka memulai hubungan pertemanan sebelum melangkah ke hubungan romantis.

Namun, akan susah bila Anda menginginkan hubungan percintaan dengan teman, tapi Anda tidak tahu apakah dia juga menginginkan hubungan yang serupa. Sebab, kalau kedua belah pihak tidak memiliki visi dan misi yang sama, bisa-bisa hubungan malah menjadi runyam.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk melangkah ke tahap lebih dari sekedar teman? "Jika Anda dan teman Anda memiliki keterkaitan dan rasa saling menghormati yang baik, maka Anda sudah bisa melangkah ke hubungan yang lebih jauh dan menjalin hubungan romantis," ujar Andrea Syrtash, pengarang buku It’s Okay to Sleep With Him on the First Date: And Every Other Rule of Dating, Debunked.”

Sementara itu, psikolog Dr Frieda Birnbaum menyatakan, ada baiknya Anda dan teman saling mengetahui apakah nilai-nilai yang dianut serta tujuan Anda cukup serasi. Menurut Dr Birnbaum, sebelum memutuskan untuk menjalani hubungan percintaan dengan seseorang, ada baiknya Anda benar-benar mengenalinya terlebih dahulu.

"Mengetahui riwayat seseorang, teman-temannya, gaya hidup, dan bagaimana perubahan suasana hatinya adalah manfaat yang bisa diperoleh dari menjalani hubungan pertemanan dengan seseorang sebelum ke tahap selanjutnya," tutur Dr Birnbaum.

Namun, Anda juga harus memahami bahwa hubungan pertemanan sangat berbeda dengan hubungan percintaan. Oleh karena itu, jika Anda sudah memikirkan hubungan yang lebih jauh dari sekedar teman dengan sahabat Anda, pastikan Anda telah menyadari pula bahwa dinamika persahabatan Anda berdua akan benar-benar berubah.

Dr Birnbaum menyarankan Anda untuk memulai dengan mengajukan pertanyaan sederhana, seperti: apakah dia pernah memikirkan untuk berpacaran dengan Anda. "Atau, Anda juga bisa mengatakan bahwa kalian berdua memiliki banyak kesamaan dan menyukai hal-hal yang sama, bahkan lebih dari orang yang selama ini Anda kencani," imbuhnya.

Selain itu, tunjukkan pula maksud hati Anda dengan tindakan. Tidak perlu menunjukkan dengan terang-terangan yang bisa berakibat negatif, cukup dengan tindakan-tindakan sederhana. Anda bisa mulai sedikit menggodanya atau mengajak berbincang di kafe yang sering Anda kunjungi. Lalu, lihat bagaimana reaksi teman Anda. Selamat mencoba!

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved