Kwik Kian Gie : Jokowi Lupa Selamatkan Ekonomi Rakyat

Menurut Kwik, naiknya harga BBM tidak bisa terhindarkan naiknya bahan pokok yang akhirnya yang kaya makin kaya, yang miskin

Kwik Kian Gie : Jokowi Lupa Selamatkan Ekonomi Rakyat
net
Kwik Kian Gie

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Pakar Ekonomi yang juga kader senior PDIP Kwik Kian Gie menyayangkan keputusan yang diambil oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai BBM ikut pasar bebas, sehingga melupakan menyelamatkan ekonomi rakyat kecil.

“Pemerintahan Jokowi mengambil pasar mengambang soal BBM seperti bensin ikut turun naik harga dunia, membuat rakyat ekonomi kecil menjadi susah hidupnya. Semestinya, harga minyak dipertahankan dengan tidak ikut pasar bebas, sehingga rakyat yang susah tidak susah,” kata Kwik sewaktu menjelaskan tentang kebijakan Pemerintahan Jokowi terhadap kenaikan BBM, di Gedung DPR RI, Selasa (31/3/2015).

Menurut Kwik, naiknya harga BBM tidak bisa terhindarkan naiknya bahan pokok yang akhirnya yang kaya makin kaya, yang miskin makin terpuruh karena harga mahal.

Kwik melihat, keputusan mengambil pasar bebas BBM hanya berani dilakukan oleh Jokowi, sementara presiden RI yang lainnya tidak berani.

“Akibat dari pasar bebas itu, semua tatanan ekonomi di Indonesia terganggu karena BBM itu adalah hajat hidup orang banyak yang dalam konstitusi dijamin untuk kepentingan rakyat. Jika BBM sudah tidak untuk kepentingan rakyat, maka Jokowi melanggar konstitusi,” ucap Kwik.

Hanya saja, walaupun Presiden Jokowi melanggar konstitusi, maka tidak bisa diimpeachment di tengah perjalanan tugas sebagai presiden.

Sedangkan Pengamat Ekonomi Ichsanuddin Noorsy melihat jika Presiden Jokowi tidak cepat mengatasi soal kenaikkan BBM ditambah dengan kurs dolar AS mengalahkan rupiah, maka akan menyulut aksi mahasiswa dan ormas lainnya turun ke jalan.

“Jadi, jika marak aksi di jalan sekarang ini, bisa saja akhirnya akan berujung kepada kasus kerusuhan Mei yang lalu,” ujarnya.

Penulis:
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved