Jangan Anggap Sepele, Ini Akibatnya Jika Olahraga Tanpa Menghapus Makeup!

Intensitas kesibukan yang sangat tinggi kerap berujung pada sejumlah pilihan, terutama terkait penggunaan makeup.

Jangan Anggap Sepele, Ini Akibatnya Jika Olahraga Tanpa Menghapus Makeup!
net
ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Intensitas kesibukan yang sangat tinggi kerap berujung pada sejumlah pilihan, terutama terkait penggunaan makeup. Dianggap mampu menunjang rasa percaya diri dan penampilan seorang perempuan, makeup dijadikan sebagai perisai utama untuk menghadirkan visualisasi kecantikan.

Tentu tidak ada yang salah dengan hal ini, asalkan digunakan sesuai anjuran dokter. Masalah yang paling sering muncul adalah kebiasaan buruk perempuan menggunakan makeup yang berakibat pada beragam keluhan problematika kulit, semisal jerawat, vlek hitam, pori-pori besar, dan komedo.

Nah, yang paling banyak tidak disadari perempuan urban sekarang ini adalah dampak buruk olahraga tanpa menghapus makeup bagi kulit wajah. Pasalnya, makeup tidak hanya akan menyumbat pori dan menimbulkan jerawat, namun juga mampu menghilangkan kelembapan alami kulit wajah.

“Perempuan sekarang ini biar tetap eksis dan tetap cantik biasanya olahraga pakai makeup. Alasannya biar tidak kelihatan pucat, kusam, atau jelek. Padahal persepsi itu sangat keliru. Bayangkan saja ketika keringat yang seharusnya keluar melalui pori-pori malah jadi tersumbat riasan kosmetik yang akhirnya memicu peradangan kulit,“ jelas Dr. Adhimukti T. Sampurna, SpKK.

Fenomena ini seringkali terjadi dan menjadi kebiasaan buruk makeup pemicu penyakit kulit yang menghinggapi para perempuan di dunia. Dr. Adhimukti juga menambahkan, kosmetik sejatinya mengandung berbagai zat kimiawi aktif yang semestinya tidak menempel secara terus-menerus pada kulit wajah.

“Kebiasaan malas mencuci muka dan membersihkan makeup umum terjadi. Contoh konkret adalah mau bikram yoga, jogging, treadmill, atau aerobik, malah masih pakai makeup. Padahal olahraga tanpa menghapus makeup itu jelas berdampak buruk bagi kondisi lapisan dermis dan epidermis wajah,” ungkapnya.

Ia pun merekomendasikan untuk selalu menghapus makeup sebelum melakukan olah tubuh, terutama bagi mereka yang memakai makeup lengkap, mulai dari alas bedak, concealer, dan lainnya.

Editor: Edinayanti
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved