Medali Perunggu Pun Tak Bisa Diraih Timnas Indonesia

Indonesia tak bisa berbuat banyak karena harus mengakui kekuatan Vietnam yang tampil lebih baik.

Medali Perunggu Pun Tak Bisa Diraih Timnas Indonesia
AFP PHOTO
Pemain tim nasional Indonesia U-23 menyanyikan lagu kebangsaan sebelum pertandingan perebutan medali perunggu cabang sepak bola SEA Games 2015 melawan Vietnam, Senin (15/6/2015). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SINGAPURA - Timnas Indonesia U-23 gagal total dalam cabang sepak bola SEA Games 2015. Harapan Indonesia meraih medali perunggu akhirnya pupus setelah tim yang dibesut Aji Santoso tersebut takluk 0-5 dari Vietnam di National Stadium, Singapura, Senin (15/6/2015) siang.

Indonesia bertemu Vietnam karena gagal lolos ke final seusai takluk 0-5 dari Thailand pada babak semifinal. Namun, Indonesia tak bisa berbuat banyak karena harus mengakui kekuatan Vietnam yang tampil lebih baik.

Bahkan, empat gol yang diciptakan pasukan Toshiya Miura tercipta pada babak pertama. Gol pertama Vietnam diciptakan Hong Quan Mac melalui titik putih pada menit ke-12.

Vietnam menerima hadiah penalti menyusul handsball yang dilakukan Hansamu Yama. Hong Quan Mac yang maju sebagai algojo berhasil menyarangkan bola ke sisi kanan gawang Teguh Amiruddin.

Belum sempat menciptakan peluang emas, Indonesia kembali kebobolan pada menit ke-21. Kali ini, Teguh dipaksa memungut bola di gawangnya sendiri setelah gagal membendung tembakan Huy Toan Vo.

Gol berawal dari serangan balik Vietnam yang cepat. Vo yang menyisir di sisi kanan pertahanan Indonesia berhasil menerima bola. Pemain bernomor punggung 25 tersebut kemudian berhasil merangsek ke dalam kotak penalti lawan. Tinggal berhadapan dengan Teguh, Vo berhasil menyarangkan bola.

Vo benar-benar menjadi petaka bagi Indonesia. Dia berhasil mencetak gol kedua pada menit ke-41. Dari luar kotak penalti, Vo dengan menggunakan kaki kiri melepaskan sepakan keras yang membuat bola bersarang ke sisi kanan gawang Indonesia.

Itu bukan gol terakhir dari Vietnam. Teguh untuk keempat kalinya dipaksa memungut bola di gawangya sendiri setelah gagal membendung tembakan Huu Dung Nguyen pada masa injury time. Alhasil, Vietnam unggul 4-0 atas Indonesia pada babak pertama.

Bukannya mencetak gol balasan, Indonesia malah kebobolan untuk kali kelima pada menit ke-71. Noc Hai Que mencatatkan namanya di papan skor dengan memaksimalkan umpan Duy Manh Do.

Tujuh menit kemudian, Muchlis nyaris mencetak gol. Namun, Muchlis gagal karena bola tembakannya ditepis Phi Minh Long Phi.

Setelah itu, Indonesia tak mampu menciptakan ancaman baru. Skor 0-5 untuk keunggulan Vietnam bertahan hingga laga usai.

Editor: Halmien
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved