Betapa Aneh, Hewan Ini Bereproduksi dengan Menusuk Kepalanya Sendiri

Banyak hewan dan tumbuhan yang memang mampu untuk melakukan reproduksi sendiri.

Betapa Aneh, Hewan Ini Bereproduksi dengan Menusuk Kepalanya Sendiri
Lukas Schärer
Macrostomum hystrix 

BANJARMASINPOST.CO.ID — Banyak hewan dan tumbuhan yang memang mampu untuk melakukan reproduksi sendiri. Namun, mendengar cara cacing pipih jenis Macrostomum hystrix berkembang biak, Anda pasti bakalan terkejut dan tak habis pikir.

Bagaimana tidak, cacing itu bereproduksi dengan menyetubuhi kepalanya sendiri! M hystrix menusukkan organ serupa penisnya ke kepala dan "menyetorkan" sperma di sana. Sperma kemudian bermigrasi ke daerah tengah tubuh yang menjadi pusat reproduksi dan membuahi sel telur.

Steven A Ramm, pakar biologi evolusi dari University of Basel, beserta tiga rekannya, mengungkap perilaku aneh cacing M hystrix itu setelah mempelajari distribusi sperma dalam tubuh hewan tersebut. Temuan ini dipublikasikan di jurnal Proceedings of the Royal Society B, Rabu (1/7/015).

Ketika mengamati distribusi sperma M hystrix yang dikondisikan hidup sendiri, Ramm mengungkap bahwa sperma terkumpul di bagian depan tubuh, termasuk kepala. Itu menunjukkan bahwa hewan itu sengaja menusukkan stylet-nya ke kepalanya sendiri.

Sementara itu, pada M hystrix yang hidup dalam sebuah kelompok, sperma terkumpul di bagian belakang atau ekor. Hal tersebut menunjukkan bahwa ketika kawin dengan individu lain, inseminasi sperma dilakukan pada bagian ekor.

Riset ini memberi gambaran tentang strategi reproduksi M hystrix. Kala masih ada yang diajak kawin, hewan itu akan mencari pasangan kawin. Namun, kala sendiri, hewan itu akan mengawini dirinya sendiri. Ingat, M hystrix adalah hermaprodit, punya kelamin jantan dan betina.

Cara kawin M hystrix pun unik. Jangan bayangkan hewan ini punya liang peranakan seperti manusia. Saat kawin, individu yang berperan sebagai jantan akan menusukkan stylet-nya ke bagian tubuh tertentu betina. Terbayang kan sakitnya?

"Setor" sperma yang terkesan sangat menyakitkan dalam sudut pandang manusia itu membuat ilmuwan punya istilah khusus untuk perkawinan M hystrix dan hewan-hewan lain yang melakukan cara yang sama, inseminasi traumatis.

Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved