Mau Beribadah Ambil CUti Dulu di Bulan Ramadhan

tempatnya bekerja mengijinkan cuti karena tak banyak pekerjaan yang dilakukan selama Ramadhan.

Mau Beribadah Ambil CUti Dulu di Bulan Ramadhan
bbc indonesia
Umat Muslim di Vietnam menanti buka puasa bersama di Masjid Al Mubarak di Tan Chau, Provinsi An Giang 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sebagian besar umat Muslim di Vietnam berasal dari etnis Cham yang merupakan keturunan dari kerajaan Champa yang berkuasa di daerah tersebut Muslim dari etnis Cham di Vietnam memiliki tradisi cuti kerja dan mudik selama bulan Ramadhan.

Abdul Qodir, Muslim Cham yang berasal dari Phan Rang, Provinsi Ninh Thu'n, yang bekerja di Ho Chi Minh mengatakan cuti kerja selama Ramadhan untuk berkumpul dengan keluarga.

“Sudah menjadi tradisi bagi Muslim Cham, setiap bulan Ramadhan mengambil cuti kerja, kembali ke kampung dan berkumpul dengan keluarga,” jelas Abdul Qodir.

Pegawai Badan Sertifikasi Halal ini mengaku tempatnya bekerja mengijinkan cuti karena tak banyak pekerjaan yang dilakukan selama Ramadhan.

“Pekerjaan kami melakukan uji makanan halal, dan itu tidak dilakukan saat orang puasa pada saat Ramadhan,” kata dia.

Menurut Abdul Qodir, selama pulang kampung lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan masjid untuk berbuka puasa bersama.

Di Provinsi Ninh Thu'n, merupakan pusat Kerajaan Champa yang takluk oleh Vietnam pada akhir abad ke 15.

Etnis Cham di wilayah ini memiliki keyakinan yang beragam, yaitu Hindu dan Islam, bahkan ada yang masih menganut kepercayaan leluhur.

Jumlah masjid di Provinsi ini hanya ada empat buah. Berbeda dengan di kawasan perbatasan Vietnam dengan Kamboja yaitu di Provinsi An Giang yang mayoritas penghuninya Muslim.

Jalin silaturahmi

Halaman
12
Editor: Halmien
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved