Di Paringin Masih Belum Diperlukan Traffic Light

Padahal keberadaan lampu merah sangat vital, karena berfungsi untuk mengendalikan arus lalu lintas terutama dipersimpangan jalan

Di Paringin Masih Belum Diperlukan Traffic Light
banjarmasinpost.co.id/elhami
Lalulintas di Kabupaten Balangan yang hingga kini belum ada satu pun traffic light. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Meski menjadi wilayah lintas Kalimantan yakni Kalsel dan Kaltim, namun Kabupaten Balangan menjadi daerah satu-satunya di Kalsel yang belum memiliki lampu lalu lintas atau traffic light (lampu merah).

Padahal keberadaan lampu merah sangat vital, karena berfungsi untuk mengendalikan arus lalu lintas terutama dipersimpangan jalan, tempat penyebrangan, dan tempat arus lalu lintas lainnya.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Balangan Gunawan mengungkapkan, hingga saat ini wilayah Kabupaten Balangan dinilai belum memerlukan lampu lalu lintas atau trafic light karena arus lalu lintas dinilai wajar.

"Kami pernah mengusulkan pemasangan lampu lalu lintas di simpang empat bundaran Paringin, namun oleh Dishub Probinsi masih dinilai belum perlu," ujarnya.

Selain alasan arus lalu lintas masih dinilai wajar, menurut Gunawan, keberadaan pasar Paringin yang digelar setiap Senin tiap minggunya juga menjadi alasan tidak optimalnya jika dipasang lampu merah.

"Meski tidak memiliki lampu merah, namun disana sudah terpasang beberapa buahh rambu hati-hati atau lampu kuning," jelasnya.

Gunawan mengakui jika pihaknya berencana memasang lampu merah namun posisi penempatannya bukan di bundaran Paringin, tetapi di simpang empat Muara Pitap tepatnya didepan Masjid Al Akbar Balangan.

Penempatan lampu merah di muka Masjid Al Akbar menurutnya karena daerah tersebut kendaraan sering lewat dengan kecepatan tinggi dan kondisi jalan memasuki medan menurun sehingga sangat membahayakan.

Selain itu pihaknya juga akan berencana menambah rambu-rambu lalu lintas di wilayah kecamatan yang rawan kecelakaan.

"Kami akan menambah marka jalan dan rambu jalan didua kecamatan yakni Kecamatan Awayan dan Halong karena kami nilai dua wilayah ini termasuk padat jalur lalu lintas," ujarnya.

Penulis: Elhami
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved