Mengenakan Riasan Saat Olahraga Bisa Jerawatan

Menurut para ahli, mengenakan riasan saat berolahraga adalah kebiasaan yang harus dihentikan, kecuali menggunakan lipstik dan produk

Mengenakan Riasan Saat Olahraga Bisa Jerawatan
Democratandchronicle.com
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sudah menjadi hal yang diketahui secara umum bahwa mengenakan riasan saat berolahraga merupakan kebiasaan yang mengganggu kesehatan kulit. Namun, masih tetap saja ada sebagian wanita yang merias wajahnya ketika akan berolahraga di pusat kebugaran.

Menurut para ahli, mengenakan riasan saat berolahraga adalah kebiasaan yang harus dihentikan, kecuali menggunakan lipstik dan produk tata rias berbahan dasar mineral. Nah, apa saja sebenarnya akibat bila mengenakan riasan ketika berolahraga?

Menurut Yvonne Culhane, terapis kulit dan laser, pada dasarnya tidak ada manfaatnya sama sekali mengenakan riasan saat berolahraga di pusat kebugaran. Di samping itu, riasan dapat mengganggu proses perspirasi dalam tubuh dan menyumbat pori-pori.

"Mengenakan riasan selama berolahraga akan menciptakan lingkungan yang sempurna untuk perkembangbiakan bakteri. Keringat bersifat asam dan mengganggu batas perlindungan kulit," ujar Culhane.

Selanjutnya, Culhane mengungkapkan, menunggu terlalu lama usai berolahraga untuk membersihkan riasan dapat menimbulkan berbagai macam masalah kulit, antara lain penyumbatan pori-pori dan timbulnya jerawat. Sehingga, dapat dikatakan bahwa mengenakan riasan tidak hanya menimbulkan masalah kulit, namun menunda untuk membersihkannya pun akan menambah masalah.

Meskipun demikian, apabila Anda merasa tidak nyaman kalau tidak mengenakan riasan saat berolahraga, Culhane memberikan opsi yang dapat Anda lakukan. Anda bisa mengenakan lipstik, riasan mata, atau produk lain yang berbahan dasar mineral.

"Produk tata rias mineral lebih baik untuk kulit karena memungkinkan kulit agar dapat bernapas. Selain itu, produk tata rias berbahan mineral biasanya mengandung bahan-bahan antibakteri dan antiinflamasi," jelas Culhane.

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved