Wow! Ada Air Mengalir di Mars

Sebagaimana dirangkum Nextren dari Kompas.com, Selasa (29/9/2015), kesimpulan bahwa air mengalir di Mars saat ini didapatkan setelah ilmuwan

Wow! Ada Air Mengalir di Mars
banjarmasinpost.co.id/NASA
Pola garis gelap sepanjang 100 meter di Kawah Hale menjadi petunjuk adanya air yang mengalir di permukaan Mars pada musim panas, bercampur dengan garam. Warna biru bukan merupakan petunjuk air tetapi keberadaan mineral pyroxene. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Mars masih basah. Air mengalir di Mars bercampur dengan garam saat ini. Temuan ini membuka peluang adanya kehidupan yang masih eksis di Mars.

Jelas dan tak terbantahkan lagi, air mengalir di Mars saat ini! Air mengalir di planet merah pada saat musim panas. Namun air itu kalau diminum justru akan menyebabkan haus. Sebab itu air garam.

Sebagaimana dirangkum Nextren dari Kompas.com, Selasa (29/9/2015), kesimpulan bahwa air mengalir di Mars saat ini didapatkan setelah ilmuwan di Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat menganalisis citra unik yang dipotret oleh kamera wahana Mars Reconaissance Orbitter.

Citra MRO menunjukkan adanya pola garis yang makin surut dan pola kipas pada tebing curam di kawasan lembah dan kawah Mars. Pola itu tanda adanya arus air yang menuruni lembah atau Recurring Slope Lineae (RSL).

Ilmuwan belum mengetahui dengan pasti sumber air itu. Air bisa saja berasal dari es di bawah permukaan, sumber air asin di lapisan akuifer, atau merupakan hasil kondensasi atmosfer Mars yang tipis.

"(Yang jelas) ada air cair di permukaan Mars hari ini," kata Michael Meyer, pimpinan program eksplorasi antariksa NASA. "Karena itu, kami menduga paling tidak ada lingkungan yang mendukung adanya kehidupan saat ini."

"Mars bukan planet yang kering seperti yang diduga sebelumnya," ujar Jim Green, ilmuwan NASA lain, seperti dikutip The Guardian.

Sejumlah temuan NASA menunjukkan bahwa Mars basah pada masa lalu. Tahun 1970-an, NASA memotret wilayah Mars yang diduga merupakan bekas sungai dan kawasan yang sebelumnya terletak di bawah perairan.

Lalu, awal tahun ini NASA mengungkap bahwa pada masa lalu, Mars memiliki samudera. Diduga, samudera itu terletak di wilayah belahan utara.

Namun sejumlah temuan lain menunjukkan bahwa Mars bukan hanya basah pada masa lalu tetapi juga saat ini. Hampir satu dekade lalu, Mars Global Surveyor memotret tanda adanya air yang mengalir di bebatuan Mars.

Halaman
123
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved