Breaking News:

Ahok Himbau Warga Tidak Mengonsumsi Kerang Hijau dari Muara Angke

Pencemaran itu juga terjadi karena Muara Angke terus direklamasi oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab.

Editor: Ratino Taufik
banjarmasinpost.co.id/kompas.com
Gubernur DKI Jakarta Basuki Ahok Tjahaja Purnama 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengimbau warga, terutama anak-anak untuk tidak mengonsumsi kerang hijau dari Muara Angke, Jakarta Utara. Sebab kerang hijau tersebut berasal dari perairan yang tercemar.

"Pernah enggak LSM (lembaga swadaya masyarakat) atau Walhi (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) sekalipun menyarankan orang, khususnnya anak-anak di Muara Angke untuk jangan makan kerang hijau?," kata Basuki dalam sambutannya di Seminar Jakartaku Layak Anak, di Balai Kota, Rabu (30/9/2015).

Pencemaran itu juga terjadi karena Muara Angke terus direklamasi oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab. Pengurukan terus dilakukan dan menyewakan lahan di sana.

Selain itu, lanjut dia, tak sedikit anak-anak yang dipekerjakan di sana. Seharusnya ada penyelesaian untuk permasalahan Muara Angke.

"Pernah enggak orang protes? Enggak. Terus bagaimana menyelesaikan masalah itu? Mesti reklamasi yang betul dan warganya dikasih rusun. Kami akan bangun rusun tematik untuk nelayan di sana," kata Ahok, sapaan Basuki.

Adapun kerang maupun ikan yang hidup di perairan Teluk Jakarta tak aman dikonsumsi. Kerang dan ikan itu sudah terkontaminasi limbah industri dan logam berat.

Seperti merkuri, kadmium, dan seng. Selain limbah industri, perairan Teluk Jakarta semakin tercemar dengan adanya limbah rumah tangga yang tidak tersaring di rumah pompa air.

Kemudian juga tercemar oleh sisa-sisa kapal bekas, seperti besi bangkai kapal yang langsung dibuang ke laut.

Berdasarkan data Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, kandungan logam berat di perairan Teluk Jakarta mencapai 1,8-2 ppm.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved