News Analysis

Banyak Pengaruh

Suatu kasus pidana, termasuk kasus narkoba dapat dianalisis dari beberapa hal, yakni perbuatan pidana, pertanggungjawaban pidana dan sanksi pidananya

Banyak Pengaruh
Ist
Ilustrasi

SYAIFUDIN, Pengamat Hukum Unlam

BANJARMASINPOST.CO.ID - DALAM sistem peradilan pidana kita, kejaksaan ditempatkan sebagai lembaga penuntutan, sementara pengadilan (hakim) adalah pihak yang mengadili perkara. Oleh karena itu semua tuntutan jaksa di dalam persidangan pengadilan harus dibuktikan di depan persidangan.

Suatu kasus pidana, termasuk kasus narkoba dapat dianalisis dari beberapa hal, yakni perbuatan pidana, pertanggungjawaban pidana dan sanksi pidananya.

Terhadap kasus narkoba, mengingat sifat jahatnya tindak pidana ini dan dampaknya pada kehidupan masyarakat, sudah selayaknya pidana yang dijatuhkan adalah pidana maksimal atau seberat-beratnya.

Dari sisi kriminologi, kasus narkoba dapat saja bersifat kriminogen, artinya bisa saja banyak pengaruh yang dapat mempengaruhi jalannya proses hukum. Semoga penegak hukum tetap pada jalur kebenaran hukum dalam memutus perkara.

Selengkapnya baca Banjarmasin Post edisi cetak Kamis (1/9/2015) atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved