Hukuman Pembakar Lahan Tidak Lagi Tipiring

pihaknya sudah menangani sebanyak empat laporan polisi dan enam tersangka kasus pembakaran lahan yang tertangkap tangan

Hukuman Pembakar Lahan Tidak Lagi Tipiring
banjarmasinpost.co.id/faturahman
Kasat Reskrim Polresta Palangkaraya, AKP Todoan Gultom SIK‎ 

BANJARMASINPOST.CO.ID, ‎PALANGKARAYA -. Aparat kepolisian Polresta Palangkaraya, tidak lagi memberikan hukuman tindak pidana ringan ( Tipiring) terhadap pembakar lahan. Karena untuk menjerat para pembakar lahan, sudah menggunakan KUHP, sebagai upaya memberikan efek jera kepada pelaku.

Kasat Reskrim Polresta Palangkaraya, AKP Todoan Gultom SIK‎, Kamis (1/10/2015) mengatakan, pihaknya sudah menangani sebanyak empat laporan polisi dan enam tersangka kasus pembakaran lahan yang tertangkap tangan saat membakar lahan, yang sedang diproses.

Menurut dia, pihaknya sudah melakukan koordinasi secara intensif bersama jaksa penuntut umum di Kejaksaan Negeri Palangkaraya, untuk memberikan sanksi hukuman berat kepada para pembakar lahan tersebut, atas perbuatannya, karena dampak yang terjadi atas tindakan pembakaran lahan tersebut sudah dirasakan sangat buruk bagi warga Palangkaraya dan sekitarnya.

" Dalam waktu dekat berkasnya semoga selesai, karena berdasarkan hasil koordinasi kami sebagai penyidik dengan pihak kejaksaan pasal yang akan dikenakan bukan lagi tipiring, saat ini, sudah tahap 1 untuk pemberkasan." ujarnya,

Menurut dia, hasil komunikas dan koordinasi yang dilakukan dengan JPU pasal yang akan dikenakan KUHP Pasal187 dengan ancaman selama enam tahun, ini, karena akibat kesenghajaan maka mengakibatkan kebakaran yang merugikan banyak orang.

Kapolresta Palangkaraya, AKBP Jukiman Situmorang, memang menjanjikan, pihaknya, mengupayakan tidak akan memberikan ancaman hukuman ringan kepada para pembakar lahan tersebut, karena dampak yang diitmbulkan oleh pembakaran lahan tersebut sudah sangat mengganggu banyak pihak.

Sehingga pihaknya memang melakukan koordinasi dengan jaksa penuntut umum ( JPU) untuk mengenakan ancaman hukuman lebih berat terhadap pelaku pembakar lahan tersebut."Ini, agar ada efek jera sehingga kedepan di saat seperti ini, jangan coba-coba membakar lahan." katanya.

Penulis: Fathurahman
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved